Anemon Diving Club; Komunitas Selam Berbasis Penelitian di Perairan Lampung

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Lampung (Unila) Universitas Lampung (Unila) punya komunitas yang dinamakan Anemon Diving Club. Aktivitas menyelam yang mereka lakukan merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa (UKM).

Club selam ini dikhususkan bagi Mahasiswa atau mahasisiwi Unila. Terutama mahasiswa dari Fakultas MIPA Unila.

Awal terbentuknya klub selam ini, tak lepas dari keinginan bersama dari para mahasiswa biologi dan dosen, untuk meningkatkan sumber daya mahasiswa sebagai civitas akademika.

Selain itu, mereka juga memanfaatkan potensi bahari yang ada di Propinsi Lampung demi kepentingan pendidikan.

Karena itu, saat menyelam mereka wajib menggunakan scuba set serta peralatan penelitian.

Ketua Umum Anemon Diving Club, Benny, mengatakan keindahan alam bawah air akan terasa sangat indah jika kita menikmatinya secara langsung.

“Pesona terumbu karang, penyu, lumba-lumba, dan ikan serta keindahan lainnya akan semakin menyadarkan kita, betapa besarnya kuasa Tuhan yang telah menciptakan alam beserta isinya,”ujar Benny, Minggu (10/04/16).

Sementara, kegiatan penelitian yang dilakukan biasanya mendata terumbu karang dan jenis ikan yang ada di perairan. Kemudian, mengukur kadar garam di laut, mengukur PH, serta mengukukur kecerahan air laut.

Sumber: Tribun News

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *