Nainawa Balikpapan Dive Community; Tekankan Kepedulian Pada Ekosistem Laut

Nainawa adalah sahara yang amat masyur pada masa lampau. Padang pasir ini terkenal karena keganasan, serta sejarah kelam yang menyelimutinya. Di balik itu, kawasan ini juga kaya akan sumber minyak. Saat ini orang lebih mengenalnya dengan Karbala, sebuah wilayah di Irak. Mengapa komunitas penyelam di Balikpapan memilih nama ini?
Apakah Anda ingin mempunyai hobi baru yang menyenangkan? Jika iya, menyelam bisa menjadi salah satu pilihan. Indonesia adalah negeri kepulauan. Pesona lautnya membuat takjub banyak bangsa. Karena kekayaan alam bawah laut yang berlimpah, tak salah jika Indonesia juga dijuluki sebagai negeri bahari. Keindahan bisa menjadi candu bagi sebagian orang, terutama para pencinta olah raga air.
“Komunitas ini menekankan kepedulian atas ekosistem yang menjadi penyangga kehidupan di laut. “Minimal kita tidak merusak atau mengambil sesuatu dari dasar laut,” ungkapnya.
Nainawa, sebagai salah satu klub selam yang aktif di Balikpapan selalu menanamkan nilai-nilai itu kepada anggotanya. Selain mengeksplorasi keindahan bawah laut, Nainawa juga melakukan bakti lingkungan pembersihan terumbu karang di setiap lokasi yang didatangi. Klub ini pernah terlibat dalam penanaman terumbu karang di kawasan Teritip dan Teluk Balikpapan.
Seperti namanya, Agung dan komunitasnya terus berkampanye melawan keganasan para perusak ekosistem laut.

“Saya berharap dengan banyaknya masyarakat yang bergabung dengan komunitas ini, akan semakin menyadari bahwa lingkungan harus dijaga.”

Komunitas ini dibentuk pada 2007 oleh Agung Darmawan. Ia tertarik menekuni kegemaran ini bukan saja karena pekerjaannya sebagai anggota TNI Angkatan Laut, akan tetapi lebih karena prihatin atas kerusakan ekosistem laut.

Jadi, wajar jika sekarang banyak bermunculan komunitas penyelam. Salah satu komunitas selam di Balikpapan adalah Nainawa Balikpapan Dive Community.

Sumber: Go Discover
Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *