Bulir Padi Foundation; Berikan Pendidikan Yang Layak Untuk Anak-Anak Prasejahtera

Sejarah berdirinya Yayasan Bulir Padi dimulai pada sebuah hari yang cerah tanggal 12 Januari 2002, dimana saat itu pendiri yayasan bertemu untuk makan siang, dan Tia menyatakan ide untuk membentuk sebuah yayasan untuk membantu anak-anak kurang mampu. Tanpa kami sadari, ternyata semua yang hadir siang itu juga memiliki mimpi yang sama. Setelah melalui proses brainstorming yang seru, perencanaan dan administrasi, Yayasan Bulir Padi terbentuk secara sah pada tanggal 19 Juni di tahun yang sama.

Filsafat kami

Tanaman padi memiliki banyak kegunaan, baik dalam bentuk gabah maupun setelah melalui proses masak menjadi nasi sebagai salah satu bahan pangan pokok manusia. Sehubungan dengan ini, kami berharap bahwa anak-anak kurang mampu ini dapat berkembang menjadi pribadi yang mandiri dan membantu meningkatkan taraf hidup keluarga dan komunitas mereka.

Latar belakang filsafat Bulir Padi adalah seperti tanaman padi yang semakin berisi semakin merunduk artinya semakin tinggi ilmunya semakin rendah hatinya. Harapan kami anak-anak Bulir Padi anak-anak binaan berkembang seperti layaknya tanaman padi dan dapat mewujudkan potensi dirinya, meningkatkan ilmunya tetapi tetap rendah hati dalam perjalanan hidupnya.

Bulir Padi Foundation memiliki visi ntuk memberikan pendidikan yang layak kepada anak-anak kurang mampu. Untuk meningkatkan kepercayaan dan rasa percaya diri anak-anak ini akan hidup dan pendidikan, serta menanam di diri mereka pola piker yang positif agar dapat berkembang menjadi pribradi yang mandiri dengan potensi dan keyakinan diri.

Program Bulir Padi 

  • Beasiswa; Memberikan beasiswa untuk anak-anak kurang mampu yang berbasis insentif berdasarkan sistim tiering nilai rata-rata siswa.
  • Book Drive; Menyelenggarakan book drive untuk mengumpulkan sumbangan buku dari donor Bulir Padi atau masyarakat umum.
  • Perpustakaan Umum; Bekerjsama dengan warga setempat untuk membangun sebuah perpustakaan umum di Palmerah, Jakarta Barat
  • Acara Penggalangan Dana Bags For School
  • Healthy Nutrition for Kids; Susu merupakan sumber yang baik untuk vitamin-vitamin penting serta kalsium, yang dibutuhkan anak-anak untuk mendapatkan nutrisi yang baik, khususnya anak-anak dari keluarga golongan ekonomi rendah.
  • Workshop & Training Program; Bulir Padi menggelar berbagai seminar dan pelatihan sebagai usaha kami untuk memberdayakan anak binaan Bulir Padi dan komunitas pra-sejahtera.
  • Program Magang; Kami bekerjasama dengan perusahaan dan organizasi yang berminat untuk memberikan pengalaman belajar bagi anak binaan Bulir Padi dan/juga anak binaan yang baru tamat pendidikan SMU dan setara. Program ini membantu anak binaan kami belajar tentang realita sehari-hari dan mendapatkan pengalaman secara langsung di lapangan kerja.
  • Shop for School; Situs toko online amal pertama di Indonesia dimana hasil penjualan barang-barang yang dijual di situs tersebut dan diterima oleh Yayasan digunakan untuk membiayai beasiswa sekolah bagi anak kurang mampu.

Sumber: Website Bulir Padi

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *