Lutung Poetih: Minggu Sinema Dua, Ajak Peserta Tulis Naskah Yang Benar

Melanjutkan kegiatan Minggu Sinema perdana, Hari Kamis tanggal 4 Mei 2017 ini, Lutung Poetih (LP) melanjutkan kelas mentoring dan pembagian materi yang berfokus pada format penulisan script/naskah. Acara ini berlangsung mulai dari pukul 6 sore dan berakhir pada pukul 9 malam. Jumlah peserta malam itu sebanyak 18 orang; dan kesemuanya amat antusias membuat naskah ala mereka sendiri-sendiri. Kesempatan ini juga digunakan untuk memperbaiki naskah-naskah mereka di pertemuan sebelumnya.

Seperti yang sudah dilakukan pada minggu lalu, para peserta kelas sudah terlebih dahulu menentukan sendiri ide cerita yang mereka inginkan. Berangkat dari ide cerita tersebut, peserta diminta untuk membuat gambaran garis besar cerita mereka. Garis besar cerita tersebut yang nantinya menjadi panduan mereka untuk menulis script/naskah.

Acara dimulai dengan pemberian materi terlebih dahulu secara singkat, sambil di tengah-tengahnya diselipkan dengan sesi tanya jawab, tujuannya agar peserta tidak hilang arah dan materi yang disampaikan benar-benar dapat dimengerti dengan baik. Setelah para peserta sudah mengerti dan paham tentang kegunaan dari masing-masing element di dalam script/naskah, acara langsung dilanjutkan dengan sesi praktek.

Secara praktek, para peserta menggunakan cerita milik mereka sendiri. Dengan begitu para peserta diharapkan lebih antusias dalam proses penulisan naskahnya. Dan benar saja, masing-masing peserta dengan cerita mereka masing-masing dengan penuh antusias mulai sibuk membedah tulisan mereka sendiri, lalu dimasukkan dan diubah dalam format penulisan script/naskah.

Tentu saja selama proses penulisan naskah ini peserta tetap didampingi oleh mentor-mentor LP, sehingga tetap terjadi sesi bertukar pikiran, dimana peserta menjelaskan maksud dari tulisan dan cerita mereka, dan mereka diberikan sebuah sudut pandang baru oleh para mentor untuk mengembangkan cerita mereka.

Script/naskah ini yang nantinya akan dibawa dan dilanjutkan terus selama proses pertemuan Minggu Sinema selanjutnya. Materi untuk Minggu Sinema selanjutnya  adalah tentang camera work & lighting, dimana adegan yang akan dipraktekkan diambil dari script/naskah yang sudah para peserta ini buat.

 

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *