Yayasan BOS Bebaskan Enam Ekor Orangutan ke Hutan untuk Adaptasi

Peringatan ulang tahun Kalimantan Tengah yang ke-60, yang jatuh tanggal, 21 Mei 2017, diperingati Yayasan Penyelamatan Orangutan Borneo (Yayasan BOS) dengan mempersiapkan tahap akhir rehabilitasi orangutan dengan memindahkan 6 orangutan ke Pulau Salat Nusa di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.

Pulau ini merupakan pulau pra-pelepasliaran bagi orangutan yang telah menyelesaikan tahap Sekolah Hutan di Nyaru Menteng dan memberi mereka kesempatan untuk mencicipi kehidupan yang mirip dengan habitat aslinya, sebelum kelak dilepasliarkan di hutan yang sesungguhnya.

Pemanfaatan Pulau Salat Nusa ini adalah hasil kerja sama antara Yayasan BOS, BKSDA Kalimantan Tengah, Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau, masyarakat Kecamatan Jabiren Raya, serta PT. Sawit Sumbermas Sarana Tbk., yang sangat mendukung upaya pelestarian orangutan dan habitatnya.

Humas Yayasan BOS, Agung, Minggu (28/5/2017) mengatakan, hari ini pihaknya kembali memindahkan 6 orangutan rehabilitasi dari Pusat Reintroduksi Orangutan di Nyaru Menteng ke pulau pra-pelepasliaran Salat di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.

“Kami dari Yayasan BOS mengelola Pulau Pra-Pelepasliaran Salat yang terletak di delta Sungai Kahayan dengan dukungan PT. SSMS Tbk. Tentu harapannya orangutan tersebut bisa menyesuaikan dengan alam bebas setelah dilakukan rehabilitasi.”ujarnya.

Sumber: Banjarmasin Tribunnews

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *