Tips Menjaga Kebugaran Tubuh Saat Puasa

Olahraga saat puasa di bulan Ramadan butuh perhitungan yang matang agar tetap menyehatkan. Jika dilakukan sembarangan, salah-salah justru membuat badan lemas karena kehilangan cairan dan sumber tenaga.

Ditemui di arena Car Free Day (CFD), Jl Sudirman, Jakarta Selatan, sejumlah pegowes berbagi tips agar tetap bugar dan bersemangat saat olahraga. Meski sedang menjalankan ibadah puasa, mereka tetap menjalankan rutinitas bersepeda bersama rekan-rekan komunitasnya.

“Yang penting pada saat olahraga porsinya tidak berlebihan, kan puasa pasti haus sebaiknya sih satu jam saja cukup, porsi olahraganya dikurangi,” kata salah seorang pegowes dari komunitas Gowes Kemayoran, Purnomo Hadi, yang juga sedang berpuasa.

Selain itu Purnomo juga menekankan pentingnya menjaga makan. Termasuk saat makan sahur maupun buka puasa. Tidak hanya mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan protein namun harus diimbangi dengan makanan yang mengandung serat dan vitamin, seperti sayur dan buah-buahan.

“Kayak pas sahur selain makan makanan berprotein dan berkarbohidrat, saya juga makan buah-buahan dan minum jus,” tambahnya.

Tips sederhana tersebut jika dilakukan dengan baik dan secara rutin dapat menjaga kebugaran tubuh selama puasa, terutama bagi sebagian orang yang menjadikan olahraga sebagai suatu kebutuhan. Nah gampang kan menjaga tubuh tetap bugar?

Sumber; DETIK.COM

Foto dari: Nuvali Gateaway Adventure

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *