Komunitas Sepeda Onthel Sidokerto Ajak Masyarakat Bersepeda Sehat

Ngonthel  bareng atau bersepeda beramai-ramai merupakan kebiasaan yang rutin dilakukan Komunitas Sepeda Onthel Sidokerto untuk mengisi akhir pekan. Kali ini, memanfaatkan waktu libur lebaran dan sekolah, kumpulan para pencinta sepeda tua yang berada di Desa Sidokerto, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang menghelat acara bertajuk Sepeda Sehat pada Minggu pagi, 9 Juli 2017.

Dari catatan panitia, total ada lebih dari 500 peserta yang meramaikan acara. Peserta yang hadir bukan hanya dari komunitas sepeda saja. Namun, masyarakat sekitar dari anak-anak hingga dewasa juga turut diajak untuk mengayuh sepeda bersama menelusuri jalan-jalan kampung. Untuk mengikuti acara ini tidak diharuskan mengendarai sepeda lawas, sepeda apapun boleh ikut.

“Acara sepeda sehat patut diapresiasi guna tercipta kebiasaan masyarakat yang sehat,” kata AKP Moch. Wilono selaku Kapolsek Kecamatan Mojowarno, Jombang.

Berbagai komunitas onthel dari daerah lain di Kabupaten Jombang juga turut hadir memeriahkan acara. Di antaranya Cakul Mancal Nuruti Ati (CMNA), Gayam Pecinta Onthel (GPO), Onthel Pitu Wesi Aji( OPITUWA), Kurman Piet Kuno (KPK), Komunitas Onthel Baru Klinting Mojolegi Mojoagung (KOBRA), Gerombolan Onthel Beriman Lan Ora Goroh (GOBLOG). Di Jombang sendiri setidaknya ada 56 klub atau komunitas pecinta sepeda lawas yang tergabung dalam Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) Korwil Jombang.

Setelah selesai berkeliling, panitia sudah menyiapkan orkes dangdut melayu untuk menghibur peserta. Selain itu,  ada juga pengundian puluhan hadiah untuk menambah acara menjadi lebih semarak.

“Bisa ngonthel bareng kemudian berbaur dengan masyarakat serta komunitas lain merupakan kebahagiaan tersendiri bagi saya,” ujar Eva pecinta sepeda kuno dari klub Kurman Piet Kuno (KPK). Eva menambahkan merasa sangat senang berpartisipasi dalam acara ini dan selalu mendukung event resmi maupun tidak resmi dari KOSTI ataupun dari komunitas sepeda lawas lain yang ada di Kabupaten Jombang.

sumber; KEDIRIPEDIA

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *