MEDAN OSOJI CLUB (MOC); Wujudkan Kota Medan yang Bersih dan Bebas Sumpah

Komunitas Medan Osoji Club (MOC), salah satu komunitas yang bergerak pada kebersihan lingkungan berkesempatan mengunjungi Kampus Panca Budi Medan  saat menghadiri  kegiatan Festival Kreativitas SMA Panca Budi pada hari Sabtu, (4/2), di halaman gedung E dan F Perguruan Panca Budi Medan.

Lily Fatma Wakil Ketua MOC saat diwawancarai mengatakan Komunitas Medan Osoji Club digagas oleh Atsuhiro Tsunoda seorang warga negara Jepang yang melihat keadaan kota Medan yang masih dikotori dengan sampah, ia bersama beberapa orang warga Kota Medan membentuk sebuah komunitas dengan nama Medan Osoji Club. Sebuah komunitas peduli lingkungan yang menginginkan Indonesia bersih dan bebas sampah.

Kegiatan rutin yang dilakukan komunitas ini adalah melakukan pemungutan sampah dengan menggunakan penjepit panjang yang terbuat dari bambu, kegiatan pemungutan sampah ini dilakukan dua minggu sekali.

Anggota Medan Osoji Club, menurut Lily, berjumlah puluhan orang. Tak hanya orang Jepang, juga banyak orang pribumi yang bergabung. Mereka kerap menggelar kegiatan bersih-bersih ketika di Medan digelar acara di mana banyak massa berkumpul.

Mereka  mengenakan kaos hijau bertuliskan ‘Terima kasih untuk Anda yang tidak buang sampah sembarangan”. Di acara Festival Kreativitas SMA Panca Budi, Komunitas Medan Osoji Club mengisi satu stand dan mengajak para siswa peduli dengan kebersihan lingkungan. Mereka mengajak para pelajar bermain game yang berisi pesan-pesan tentang kebersihan lingkungan.

Para anggota MOC sangat takjub dan terkesan dengan lingkungan di Perguruan Panca Budi karena mereka melihat lokasi acara sudah sangat bersih dan ketakjuban mereka semakin bertambah saat mendengar bahwa di Kampus Panca Budi telah diterapkan peradaban lingkungan bersih (Pandabsih) dan budaya hemat energi.

Sumber: Panca budi

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *