Pajero Community Soloraya (PCSR); Menjunjung Tinggi Prinsip Kekeluargaan

Para pengguna mobil Pajero area Solo dan sekitarnya, yang tergabung dalam komunitas Pajero Community (PC) Soloraya, pada hari ini, Ahad (05/03/2017), mengadakan sebuah musyawarah tahunan bertajuk Pilkor 2017, dengan agenda utama pemilihan koordinator dan pergantian kepengurusan.

Bertempat di Hotel The Sunan Solo, terlihat para anggota menggunakan seragam khas dan juga mengajak serta keluarganya. Koordinator terpilih untuk tahun 2017, Agus Sunariyo, menyampaikan visi dan misinya untuk jangka waktu satu tahun ke depan.

“Kita akan mencoba menjaring pengguna-pengguna mobil Pajero, yang di belakangnya (kaca mobil) belum ada stiker PC, sebisa mungkin kita tarik untuk masuk ke paseduluran PC. Itu yang pertama. Yang kedua, mungkin kita juga akan kerja sama juga dengan pihak kepolisian untuk kampanye dalam hal ketertiban lalu lintas,” kata Agus.

Agus menginginkan PC sebagai sebuah komunitas, dapat memberikan manfaat positif, baik itu untuk para anggotanya maupun untuk pihak-pihak lain. Oleh karena itu, perlu diadakannya berbagai macam bentuk kerja sama untuk mencapai tujuan tersebut.

Sejauh ini, PC Soloraya telah banyak mengadakan kegiatan positif seperti bakti sosial, pemberian santunan kepada difabel, pemberian bantuan air bersih, dan penghijauan.

PC Soloraya saat ini merupakan komunitas Pajero rider terbesar di Indonesia. Tercatat telah ada sekitar 120 unit mobil yang berasal dari daerah-daerah se-karisidenan Soloraya, seperti Klaten, Karanganyar, Boyolali, Wonogiri, dan sebagainya.

Menurut Agus, keberhasilan ini tidak lepas dari prinsip kekeluargaan yang telah diterapkan selama ini, serta komitmen PC Soloraya untuk selalu menerapkan sistem safety riding.

“Perbedaannya kenapa PC bisa solid sebesar ini. PC ini organisasi family. Jadi, setiap ada kegiatan, itu melibatkan keluarga, baik istri dan anak. Otomatis, arogansi di jalan itu akan mereda,” ujarnya.

Agus juga berkomitmen untuk membuat program-program kreatif dan bervariasi agar para anggota yang sudah ada saat ini tidak mengalami stagnasi ataupun rasa jenuh. Keinginan anggota perlu didengar untuk kemudian ditindaklanjuti. Tujuannya adalah agar anggota-anggota lama tetap bertahan, dan di saat yang sama sambil berusaha mencari anggota-anggota baru.

Kegiatan musyawarah komunitas yang berdiri pada tanggal 5 April 2015 ini diadakan setahun sekali.

Menurut Bondan Prakoso selaku Presidium dan Koordinator pertama PC Soloraya, hal ini bertujuan menghindari dominasi atau otoritas berlebihan di dalam ruang lingkup intern komunitas.

“Jadi, untuk agenda pemilihan koordinator atau ketua memang kami laksanakan setiap setahun sekali. Karena memang untuk kepentingan menghindari otoriter atau kearogansian pimpinan organisasi. Biar fleksibel aja, misalnya kalau setahun sekali otomatis ruang-ruang untuk otoriter atau dominasi kekuatan dalam sebuah klub itu akan terbiaskan,” ucap Bondan.

Pernah menjabat sebagai koordinator, Bondan tidak lupa menitipkan pesan kepada kepengurusan yang baru, melalui koordinator yang baru, untuk selalu menjaga kebersamaan antaranggota. Menurutnya, partisipasi dan keterlibatan anggota dalam sebuah organisasi atau komunitas adalah penting. Tanpa adanya anggota, sebuah organisasi tidak akan berjalan.

“Tentunya harapan saya untuk om Agus adalah kita harus mengingat bahwa kebesaran klub itu terukur dari dua hal. Satu, dari jumlah anggota. Dua, solidnya anggota itu sendiri. Tentunya kita harus sadar, bahwa sehebat apapun itu, tanpa anggota, sebuah organisasi itu bohong. Jadi saya harap menjaga kekompakkan itu menjadi prioritas utama,” katanya lagi.

Rangkaian acara musyawarah PC Soloraya 2017 diakhiri dengan city tour keliling Solo dengan rute Hotel Sunan – Manahan – Kotabarat – Slamet Riyadi – Keraton – Gemblekan – Tipes – Baron – Laweyan – Purwosari – Hotel Sunan.

PC Soloraya untuk saat ini memiliki akun sosial media Facebook dengan nama Pajero Community Soloraya dan juga Instagram dengan nama pajerocommunitysoloraya. Tidak ada syarat macam-macam untuk bergabung. Menjadi pengguna mobil Pajero saja sudah cukup.

Sumber: JITU NEWS

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke kontak@komunita.id. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *