5 Cara Membuat Jalan-Jalanmu Jadi Moment Tak Terlupakan

Saat ini traveling merupakan sebuah trend bagi masyarakat Indonesia, bahkan sudah menjadi suatu kebutuhan setelah lelah berhadapan dengan aktivitas rutin yang kita lakukan setiap harinya. Pernahkah kamu pergi ke suatu tempat yang belum pernah sama sekali kamu kunjungi? Ya, traveling ke tempat baru sudah pasti menjadi kegiatan yang menyenangkan. Selain melihat tempat-tempat wisata, kamu juga bisa meihat kebudayaan masyarakat sekaligus wisata kuliner di daerah itu. Dan nggak ketinggalan untuk mengabadikan moment-moment yang seru.

Nah, caramu menikmati traveling bagaimana? Hanya sekedar jalan atau foto-foto saja? Pernahkah kamu mencoba suatu hal yang belum terpikirkan olehmu agar travelingmu menjadi moment yangย unforgettable, dibawah ini ada cara bagaimana menikmati wisatamu agar tak terlupakan, yang ditulis oleh Indi Sumaryoย dariย Komunitas CeweQuat:

  • Belajar Dari Pengrajin Setempat

Masyarakat asli daerah yang kamu kunjungi biasanya menjual kerajinan tangan atau souvenir yang khas. CeweQuat bisa saja membeli souvenir lalu dibagikan kepada keluarga atau teman-teman. Hal itu biasa dilakukan ya, CeweQuat. Pernahkah kamu mencoba untuk ikut dalam proses pembuatannya? Misalnya membatik, memahat, menenun dan lain-lain. Selain kamu mendapatkan pengetahuan, kamu juga dapat memahami perjuangan para pengrajin dalam membuat kerajian yang khas itu.

  • Gerakan Memungut Sampah

CeweQuat tentu pernah melihat sampah berserakan ketika berkunjung ke obyek wisata. Bagi kamu traveler yang bertanggung jawab pasti memperlakukan alam sekitar dengan baik. Kamu atau rombonganmu bisa memulai gerakan memungut sampah di sekitar dan mengumpulkannya ke tempat pembuangan sampah yang benar. Barangkali selama ini tempat sampah di obyek-obyek wisata tertentu kurang menarik atau nggak kelihatan oleh mata kita, jadi kamu dan teman-teman bisa menghias tong sampah berwarna-warni agar mencolok dan menarik sehingga mendorong orang-orang untuk membuang sampah pada tempatnya.

  • Tinggal Bersama Penduduk Setempat

Jika kamu memilih jadwal perjalanan traveling selama berhari-hari, tentu banyak waktu yang bisa kamu luangkan untuk berinteraksi dengan masyarakat lokal. CeweQuat bisa mencoba untuk berkenalan dengan penduduk setempat, bahkan tinggal dengan mereka. Utarakan maksud dan tujuanmu untuk tinggal beberapa saat dengan mereka. Biasanya mereka akan menyambut tamu dengan hangat dan ingatlah CeweQuat untuk menjaga sikap yang baik. Tawarkan untuk membayar biaya makan dan kebutuhan lainnya selama kamu di sana ya.

  • Mengajar Bersama Penduduk Setempat

Jika kamu berwisata ke daerah-daerah pelosok, terlebih aksesnya jauh dari kota, kamu akan menemukan anak-anak usia sekolah yang kesulitan untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar. Mereka akan senang jika kalian menjadi tutor pelajaran sekolah. Luangkan waktumu untuk membantu mengerjakan PR atau mengajarkan pelajaran yang kamu tahu atau kamu bisa berkolaborasi dengan mendekati guru-guru atau pihak sekolah untuk saling berbagi inspirasi.

  • Terjun Ke Ladang

 

Ingatkah CeweQuat, di zaman sekolah dulu kamu menggambar gunung, sawah atau ladang yang hijau? Atau hanya melihat di televisi dan internet saja? Nah, bagaimana jika kamu terjun langsung ke sawah atau bercocok tanam dengan mereka. Para petani yang bekerja seharian penuh dengan senang hati menyambut tenaga bantuan dari kamu dan teman-temanmu.

Nah, kegiatan-kegiatan sederhana ini akan membawa cerita traveling-mu ke level yang baru. Nggak cuma menikmati panorama tapi juga berinteraksi dengan orang lain dan alam. Dan bukan hanya itu saja, CeweQuat, ceritamu tentang pengalaman sosial bisa jadi titik balik yang mendewasakanmu di kemudian hari.

Sumber: Website CeweQuat

Foto dari SANAVIEW

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *