Asupan Nutrisi Yang Harus Diperhatikan Agar Sehat Pada Usia Lanjut

Menua secara fisiologis ditandai dengan semakin menghilangnya fungsi dari banyak organ tubuh.  Bersamaan dengan itu meningkat pula insiden penyakit seperti coronary arterial disease (CAD), penyakit-penyakit serebrovaskular, penyakit ginjal dan paru. Hal ini akan menyebabkan semakin cepatnya tubuh kehilangan fungsi-fungsi organnya.

Berbagai upaya dapat dilakukan untuk mencegah, menunda, atau menemukan dan mengenali secara dini berbagai penyakit atau gangguan kesehatan, serta mengatasi penyakit-penyakit yang muncul untuk mencegah komplikasi. Nutrisi yang baik salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan agar tetap sehat di usia baya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menu bagi lansia, yang ditulis oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam diantaranya;

  • Membuat masakan dengan bumbu yang tidak merangsang seperti pedas, atau asam karena dapat mengganggu kesehatan lambung dan alat pencernaan. Mengurangi pemakaian garam yakni tidak lebih dari 4 gram perhari untuk mengurangi risiko tekanan darah tinggi.
  • Mengurangi santan, daging yang berlemak dan minyak agar kolesterol darah tidak tinggi. Memperbanyak makanan yang berkalsium tinggi seperti susu dan ikan. Pada lanjut usia khususnya ibu-ibu yang menopause sangat perlu mengonsumsi kalsium untuk mengurangi risiko keropos tulang.
  • Memperbanyak makanan serat, sayuran mentah agar pencernaan lancar dan tidak sembelit.
  • Menggurangi mengonsumsi gula dan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi agar gula darah normal khususnya bagi penderita kencing manis agar tidak terjadi komplikasi lain.
  • Menggunakan sedikit minyak untuk menumis dan kurangi makanan yang digoreng. Memperbanyak makanan yang diolah dengan dipanggang atau direbus karena makanan mudah dicerna.
  • Membuat masakan agar lunak dan mudah dikunyah sehingga kesehatan gigi terjaga.

Sumber: IDI Online

Foto dari secretfromus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *