Zebrakarta; Wadah Pemilik Mobil Tua di Wilayah Jogja dan Sekitarnya

Sekitar lebih dari 90 mobil buatan tahun 1988 hingga 2007 tampak berjejer rapi. Kumpulan mobil lama ini sedang melakukan kopdar alias kopi darat di lapangan Kretek, Bantul, DI Yogyakarta.

Komunitas mobil tua Zebra dan Espass besutan Daihatsu ini lahir pada 14 Mei 2014 lalu. Sebagian anggotanya merupakan jebolan dari anggota komunitas di tingkat nasional yang telah ada sejak tahun 2004 yang lambat laun tergerus jumlah anggotanya berbanding lurus dengan hadirnya mobil-mobil baru di tingkatan nasional sehingga terbentuklah komunitas kusir Zebrakarta.

Zebrakarta ini menampung para pemilik dan pencinta mobil buatan tahun 1988 hingga 2007 di daerah DIY dan Jawa Tengah seperti Klaten, Purworejo hingga Salatiga. Saat ini anggota yang aktif mencapai 90an orang atau 2/3 dari total anggota keseluruhan.

 

Selain untuk menjalin silaturahmi, komunitas ini diharapkan bisa mewadahi para pemilik mobil bertype Wagon dalam merawat dan memelihara sendiri kendaraan mereka. Terlebih ada juga anggota yang memang berbisnis dan usaha jual beli onderdil serta membuka bengkel reparasi mobil Zebra dan Espas.

“Terbukti dengan adanya komunitas ini jumlah mobil Zebra dan Espass yang mangkrak di bengkel semakin sedikit, karena setiap pertemuan ada berbagi tips dan trik serta coaching klinik pemeliharaan” ujar Siswo, salah satu admin komunitas Zebrakarta asal Klaten, Jawa Tengah, saat ditemui di sela-sela acara Halal bi Halal Zebrakarta di Kretek, Bantul, DI Yogyakarta, Minggu (16/7/2014).

Seperti komunitas mobil lainnya, lanjut Siswo, Zebrakarta juga sering mengadakan kegiatannya bakti sosial dan berbagi sesama ke panti asuhan, bahkan pernah juga diadakan bersama komunitas mobil merek lain.

“Jadi sebenarnya komunitas ini didirikan untuk berbagai kegiatan postif, kita sudah pernah dua kali mengadakan bakti sosial untuk daerah Jogja dan sekitarnya, kemarin bulan Juni pas Ramadhan juga ada kegiatan berbagi kasih untuk panti asuhan,” terangnya.

Di tempat yang sama, anggota Zebrakarta lainnya asal Berbah Sleman, Edi juga mengatakan bahwa di antara mereka terbiasa saling membantu dan menolong apabila ada kendaraan yang rusak atau mogok di tengah jalan.

“Komunitas kita juga ada grup Whats Appnya, disitu kita bisa saling bersapa dan memantau apabila ada anggota atau pengguna kendaraan Zebra dan Espass yang butuh bantuan dan tidak menutup kemungkinan mobil lain yang membutuhkan pertolongan” jelasnya.

Agar komunikasi tidak terputus mereka juga mengadakan arisan bulanan bagi para istri masing-masing. Sehingga otomatis bersamaan dengan kumpulnya para anggota Zebrakarta.

Karena kekompakan para anggotanya, Zebrakarta pada tahun ini memenangkan penghargaan sebagai Best Club Car dan Best Participant yang diadakan oleh PT NGK Busi Indonesia dalam kontes NGK Modification Contest 2016

“Semoga Zebrakarta terus bisa menjaga kekompakan dan kita juga terbuka bagi siapa saja yang memiliki tipe mobil Zebra dan Ezpass yang ingin masuk di komunitas ini,” pungkas Edi.

Sumber: LIPUTAN6

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke kontak@komunita.id. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *