Ruang Literasi Juwana; Menggugah Semangat Membaca Masyarakat

Melihat minat baca masyarakat Indonesia yang masih rendah, berbagai kegiatan dilakukan. Salah satunya adalah kelompok anak muda di Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, membuat perpustakaan keliling.

Komunitas yang mengatasnamakan Ruang Literasi Juwana tersebut, aktif mengadakan kegiatan berkeliling pada setiap kecamatan di Pati untuk menggugah semangat membaca masyarakat.

“Ide awalnya yakni saya ingin membentuk semacam gerakan literasi untuk Kota Juwana. Kebetulan para pegiat literasi, semuanya memiliki hobi sama yaitu membaca buku. Hingga akhirnya komunitas ini pun terbentuk,” ujar salah satu anggota Komunitas Literasi Juwana, Rizqi Bagus.

Dalam kegiatannya, Komunitas Literasi juwana bekerja sama dengan perpustakaan Desa Sidomukti, Desa Bakaram Wetan, dan juga beberapa perpustakaan sekolah di sana. Pada perpustakaan keliling, disediakan berbagai jenis buku bacaan. Mulai dari buku dongeng, novel, hingga sastra.

Rizqi berharap, keberadaan Ruang Literasi Juwana bisa mendapatkan dukungan dari masyarakat. Sehingga komunitas tersebut bisa berkontribuso dalam meningkatkan minat baca.

“Dengan ruang ini, para pembaca bisa berdiskusi bersama kami di perpustakaan jalanan ini,” ujar Rizqi.

Sumber: OTONOMI.CO.ID

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke kontak@komunita.id. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *