COMMUNITY DEVELOPMENT; Manajemen Relawan Siaga Bencana Bersama Sekolah Relawan

Community Development adalah Kelas Pelatihan Komunitas yang merupakan salah satu Program Sebangsa dan Komunita.ID untuk membantu pengembangan dan peningkatan kapasitas anggota komunitas dengan belajar berbagai hal bersama pakar atau orang yang berpengalaman di bidangnya.

Dalam Kelas Pelatihan kali ini, Sebangsa menyelenggarakan Community Development  bertajuk “Manajemen Relawan Siaga Bencana” bersama Abdul Manaf selaku Senior Social and Disaster Rescue dari Sekolah Relawan.

Acara yang diselenggarakan pada Rabu, 2 Agustus 2017 , dibuka oleh Citra Andinna selaku Content and Event Coordinator dari Sebangsa dan KomunitaID dengan memaparkan berbagai kontribusi Sebangsa secara online maupun offline, sebagai salah satu platform gotong royong komunitas di Indonesia, yang kini penggunanya hampir mencapai 100.000.

Selesai perkenalan Sebangsa dan KomunitaID, kelas pelatihan “Manajemen Relawan Siaga Bencana” pun langsung dimulai. Mas Abdul Manaf langsung membuka kelas dengan memperkenalkan Sekolah Relawan melalui sejumlah video kegiatan seru mereka. Kemudian dilanjutkan dengan materi hal-hal yang harus dipersiapkan saat menjadi Relawan Bencana.

Menjadi relawan bencana, ternyata tidak hanya sekedar ke lapangan membantu evakuasi korban saja, namun yang paling penting adalah sikap siaga bencana. Itu berarti, seseorang harus menjadi relawan untuk edukasi masyarakat terkait pencegahan bencana, terutama di wilayah yang rentan bencana. Selain itu, seusai bencana terjadi, yang paling penting adalah membantu pemulihan untuk korban-korban bencana alam.

Nah, mau kan komunitasmu ikut dalam sesi pelatihan komunitas selanjutnya? Yuk, ikuti seri-seri kelas pelatihan komunitas dari Sebangsa dan KomunitaID selanjutnya!

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke kontak@komunita.id. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *