Jejak Langkah Sejarah; “Class Without Class”

Berawal dari keprihatinan terhadap proses belajar, dibentuklah komunitas untuk memasyarakatkan learning expeditions yang dikemas dengan nama Jelajah (Jejak Langkah Sejarah). Komunitas Jelajah diprakarsai oleh Hamdani Masil dan resmi didirikan pada tanggal 15 Agustus 2010 oleh C. Musiana Yudhawasthi didukung oleh Prof. Sulistyo Basuki, Phd dan Prof. Dr. Mundardjito.

Berbeda dengan komunitas lain, dalam Jelajah sebuah perjalanan tidak begitu saja dilaksanakan tanpa memikirkan pembelajaran yang akan diperoleh para pesertanya. Jelajah merupakan ‘class without class’. Jelajah mengemas standar kompetensi sekolah dalam bentuk penelitian langsung di lapangan secara terpadu.

Menariknya, komunitas ini memiliki ajang Museum Awards. Melalui ajang tersebut diharapkan oleh komunitas mampu mendorong pengelola museum serta meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap kekayaan memori kolektif bangsa.

“Ide awal Museum awards adalah dari kegiatan kami melakukan penelitian dengan tajuk Museum di Mata Pengunjung pada tahun 2011, di mana hasil penelitian itu kami seminarkan dalam rangka Hari Museum bekerjasama dengan Museum Bank Indonesia,” ujar Musiana Yudhawasthi selaku Ketua Umum Komunitas Jelajah saat dihubungi via email.

Pada tahun 2012, komunitas jelajah lagi-lagi melakukan penelitian dan diakhiri dengan memberikan apresiasi kepada museum-museum yang berprestasi. Ditekankan oleh Musiana, penelitian dilaksanakan secara incognito karena kegiatan Museum Awards itu bukan lomba, tetapi memberi apresiasi kepada museum.

Tahun 2012 dan 2013 Museum Awards dipusatkan pada museum di wilayah DKI Jakarta. Sedangkan tahun 2014 kemarin, komunitas ini mencoba melebarkan sayap dengan menjangkau wilayah Banten serta Jawa Barat. “Pada tahun ini, Insya Allah kami akan meliputi seluruh pulau Jawa,” ungkap Musiana.

Nominasi Museum Awards tahun 2015 masih dalam tahap penjurian. Jika Anda berminat untuk mengikuti perkembangan dari acara ini, Anda bisa langsung mengecek timeline @MuseumAward.

Facebook: Komunitas Jelajah
Twitter: @komjelajah

Sumber: LIPUTAN6

Penulis: Nabilah Rahmagitha

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke kontak@komunita.id. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *