First Meet Up Ala Komunitas Upload DIY Jabodetabek di Kebun Raya Bogor

Sekitar enam puluh ibu rumah tangga pengusaha toko daring (online shop) kreatif dari komunitas Upload Diy Jabodetabek akan “kopi darat” pertama kalinya dan buat kerajinan untuk galang dana bagi panti asuhan. Mereka akan melelang kerajinan tangan yang mereka buat dan seluruh keuntungannya akan diberikan kepada panti asuhan yang mereka sepakati di acara itu.

Acara First Meet Up Upload Diy Jabodetabek akan di selenggarakan di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat pada Sabtu (9/9/2017).

Komunitas Upload Diy adalah komunitas daring (online) pemberdayaan ibu-ibu rumah tangga yang hobi buat kerajinan tangan dari barang bekas.

Kerajinan tangan yang dibuat biasanya berbentuk pernak-pernik cantik untuk menghias rumah. Komunitas itu mulai dibentuk tanggal 5 November 2016 oleh seorang ibu rumah tangga yang juga pengusaha online shop bernama Baby Dinata.

Inisiator komunitas Upload Diy, Baby Dinata mengungkapkan bahwa niat awalnya adalah berbagi pengetahuan mengenai cara meningkatkan nilai barang-barang tak terpakai di rumah. Caranya adalah dengan mengunggah video panduan (tutorial) membuat pernak-pernik cantik itu ke instagram.

Namun seiring berjalannya waktu, semakin banyak ibu-ibu rumah tangga dari berbagai kota di Indonesia yang tertarik untuk belajar dan membuat hal serupa. Akhirnya Baby berinisiatif untuk mengorganisir mereka untuk melakukan hal serupa. Sebagaimana diungkapkan oleh Baby Dinata pada Minggu (20/8/2017) di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat.

“Tidak hanya membuat dan menjual pernak-pernik rumah tangga, mereka juga bisa menambah keahlian dengan berbagi pengetahuan soal keterampilan apapun seperti make-up atau membuat makanan,” ungkap pengusaha online shop yang kini telah memiliki 76 ribu pengikut di akun instagramnya itu.

Tidak hanya itu, komunitas yang kini memiliki anggota ratusan orang dan tersebar di beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Pangandaran, Jogja, Semarang, Bali hingga Kalimantan.

Tujuan terbentuknya komunitas itu adalah untuk memberdayakan ibu-ibu rumah tangga yang punya banyak waktu luang dan ingin menambah penghasilan dengan berjualan secara online. Saat ini pengikut akun instagram @upload_diy telah mencapai tiga ribu empat ratus akun.

Untuk itu Baby berharap agar komunitas itu menjadi terorganisir dan dapat memberdayakan ibu-ibu rumah tangga tidak hanya di seluruh Indonesia bahkan di dunia.

“Insya Allah jika ini bisa berjalan terus menerus, bisa terus berbagi inspirasi ke luar-luar kota bahkan ke luar negeri sekalipun,” harap Baby.

Bagi ibu-ibu rumah tangga atau siapapun yang tertarik untuk ikut bergabung ke komunitas dan ikut ke acara penggalangan dana mereka bisa langsung lihat akun isntagram @upload-diy.

Sumber: TRIBUN NEWS

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke kontak@komunita.id. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *