Peringati Ulang Tahun Ke-5, Komunitas 1000 Guru Serentak Melakukan Kegiatan Sosial

Dalam rangka ulang tahun yang kelima dan memperingati hari kemerdekaan yang jatuh pada 17 Agustus lalu, komunitas 1000 Guru pusat dan regional serentak melakukan kegiatan sosial, seperti belajar sambil bermain dan berbagi inspirasi bersama anak-anak sekolah dasar yang ada di berbagai daerah.

Kegiatan yang dilakukan pada tanggal 26-27 Agustus 2017 ini, memang bukanlah yang pertama kali. Sejak dibentuk pada 22 Agustus 2012 oleh Jemi Ngadiono, komunitas 1000 Guru kerap melakukan aksi sosial yang nyata dengan turun langsung membantu pendidikan anak-anak di pedalaman negeri, yang lokasi sekolahnya cukup sulit dijangkau. Seperti halnya SDN Kelas Jauh Kedung Dawa II, yang berada di kabupaten Indramayu, Jawa Barat.
Berada ditengah kawasan hutan kayu putih, sekolah ini menjadi satu-satunya tempat untuk menuntut ilmu bagi siswa sekolah dasar. Tidak sedikit dari mereka yang harus rela berjalan kaki sejauh 5 km hanya untuk sampai ke sekolah.

Tidak ada yang menyangka, meski berada di Pulau Jawa, SDN Kelas Jauh Kedung Dawa II ini menjadi salah satu bukti bahwa ternyata pendidikan di Indonesia memang belum terjangkau dengan baik. Akses yang jauh, tidak adanya listrik, minimnya ruang belajar, bahkan keterbatasan jumlah tenaga pengajar yang sangat memprihatinkan, yakni hanya ada satu orang guru untuk mengajar di enam kelas.

Hal-hal itulah yang menggerakkan 25 relawan dari 1000 Guru untuk membantu menjadi tenaga pengajar di sekolah ini. Sebelum mulai mengajar, seluruh siswa dan relawan melakukan upacara bendera terlebih dahulu sebagai bentuk cinta tanah air dan memperingati hari kemerdekaan RI.

Selain kegiatan belajar dan bermain, sebagai bentuk kepedulian pada kesehatan komunitas 1000 Guru juga membuka pengobatan gratis. Kegiatan ini pun disambut sangat antusias oleh warga sekitar. Tercatat hampir 100 orang pasien yang datang ke lokasi untuk berobat ataupun hanya sekedar konsultasi mengenai kesehatan.

Dengan adanya kegiatan sosial yang rutin dilakukan ini, komunitas 1000 Guru berharap, bisa semakin banyak mengajak generasi muda untuk terlibat langsung dan peduli terhadap pendidikan di daerah. Menyemangati dan memotivasi penerus bangsa, agar tetap semangat dan lebih giat belajar untuk mewujudkan cita-cita meski ditengah keterbatasan.

Sumber: SHE.ID

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *