Komunitas Great Muslimah; Ajak Para Wanita Berhijrah, Berprestasi, dan Menginspirasi

Berada di negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam, tentu sangat mudah menemukan komunitas-komunitas yang berbasis muslim dan muslimah. Komunitas tersebut juga beragam jenis dan aktivitasnya yang bisa kita pilih sesuai dengan minat kita dengan tujuan yang sama, berdakwah dan berbuat baik sebagai seorang muslim.

Great Muslimah, sebuah komunitas muslimah yang akan mengajak kita tak hanya cantik di luar saja, tapi juga cantik di dalam. Misinya adalah terus memperbaiki diri lewat prestasi dan bisa bermanfaat bagi orang-orang lain di sekitarnya.

Adalah Febrianti Almeera, gadis kelahiran 1991 ini punya darah dan bakat di dunia seni dan hiburan yang menurun dari kedua orangtuanya. Ia dulunya adalah seorang penyanyi, DJ, hingga pemandu acara-acara gemerlap di kelas menengah ke atas. Gadis yang akrab disapa Pepew ini dulunya sering menghabiskan waktu dengan hura-hura dan berpakaian terbuka.

Namun suatu ketika, Pepew mulai mencari makna hidup yang sebenarnya. Di usianya yang masih muda, Pepew menjadi tulang punggung saat ekonomi keluarganya memburuk. Dari melakukan kewajiban solat dan puasa hingga diikutinya kegiatan-kegiatan belajar keislaman bersama teman-teman dan komunitas hijab.

Pepew pun mulai berubah. Ia berhijrah dan memulai kehidupan baru yang lebih baik. Ada kegelisahan baru yang muncul karena beberapa tahun belakangan, komunitas muslimah kebanyakan adalah komunitas hijab yang mempercantik dari luar. Ia pun miris ketika pernah mendapati banyaknya muslimah yang hilang fokus dari makna hijab yang sebenarnya.

Kegalauannya semakin menjadi ketika ia menyadari dakwah yang banyak dilakukan hanya meresap pada mereka yang memang sudah baik. Orang-orang yang pernah berada di dunia yang tidak disyariatkan seperti dirinya justru tidak tersentuh dakwah yang sebenarnya. Bagi Pepew, mereka bukan tidak ingin hidup lebih islami, hanya saja tidak ada yang mengingatkan, tidak ada yang mendampingi. Bagi gadis yang pernah merasakannya, keluar dan berhijrah bukan hal yang mudah. Ia harus mendapat banyak rintangan baik dari dalam dirinya sendiri maupun lingkungan luar.

Karena itulah, Great Muslimah muncul sejak tahun 2012 sebagai pelengkap komunitas-komunitas muslimah cantik tersebut. Great Muslimah bukan pesaing komunitas hijab di luar sana. Komunitas ini juga mengakui betapa mode atau fashion hijab berpengaruh sangat besar pada keputusan para muslimah yang ingin berhijab. Dengan berbagai gaya menarik, hijab bukan lagi sesuatu yang membuat para muslimah merasa malu dan terkekang.

Lewat Great Muslimah ini, Pepew berusaha agar para muslimah juga mempercantik diri mereka dari dalam. Great Muslimah menjadi wadah para muslimah berbagai kegelisahan dan berbagi ilmu kebaikan agar menjadi muslimah yang berprestasi dan menginspirasi banyak pihak lainnya.

Anggota Great Muslimah pun tidak dibatasi. Dengan konsepnya tentang hijrah, anggota Great Muslimah ini berasal dari berbagai kalangan dan latar belakang yang beragam. Sebagai seseorang yang pernah terjun ke dunia penuh gemerlap, Pepew pun lebih konsen mengajak teman-teman yang punya kegelisahan yang sama sepertinya, untuk mengenal Islam lebih dekat. Untuk itu, tidak semuanya berhijab. Great Muslimah berkomitmen untuk menuntun bukan menuntut.

Kegiatan yang dilakukan Great Muslimah pun beragam. Komunitas yang berbasis di Bandung ini punya agenda mingguan, serta program-program lainnya. Agenda mingguan berupa meet up atau pertemuan yang akan berbagi soal berbagai hal tentang keislaman. Tapi tentu saja, cara belajar yang diterapkan komunitas ini santai dan menyenangkan.

Sementara program yang pernah ada di komunitas ini seperti program “Aku Ingin Berhijab” yang mengajak para muslimah mantap mengenakan hijab. Ada juga program yang membahas tentang masalah pacaran, program muslimah berwirausaha, menulis, berdakwah, dan lain sebagainya. Semua program fokus pada pengembangan potensi dan kecantikan dari dalam yang ada di setiap diri muslimah.

Respon yang didapat pun besar. Di awal berdirinya, langsung ada sekitar dua ratusan orang yang bergabung. Dan hingga saat ini, media sosial twitter resmi mereka, @GreatMuslimahID sudah diikuti lebih dari 15 ribuan akun. Kesuksesan Great Muslimah ini juga tak lepas dari peran Pepew yang fokus bertujuan memajukan komunitas ini. Seperti yang diungkapkannya pada Muslimahdaily.com,

“Semua itu bisa seimbang karena adanya fokus pada saat mengerjakan sesuatu, dan nggak setengah-setengah. Kita harus tahu tujuan kita itu mau kemana, dan kalau kita sudah tahu tujuan kita mau kemana maka fokuslah dan cari jalan untuk kita sampai di tujuan itu. Kalau tujuan sudah jelas, pasti kita tahu arah kita mau kemana,” ungkap Pepew.

Karena banyaknya anggota, komunitas ini juga memiliki basis di Jakarta. Kamu yang ingin mengetahui lebih banyak tentang komunitas Great Muslimah dan kegiatannya ini bisa langsung mengunjungi akun twitternya.

 

SUMBER: MUSLIMAH DAILY

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

1 Comment

  1. Nurul Alawiyah says:

    Assalammualaikum,
    Apakah saya bisa bergabung dalam komunitas ini? dan bisa membantu saya untuk berada dijalannya Allah? Tapi maaf sebelumnya, saya belum menggunakan hijab dan pakaian tertutup, apakah saya masih bisa diterima bergabung?
    Saya sering mendengar tausiah, namun getaran dalam diri saya ada niat untuk berhijrah, tap secepat itu pula niat itu pergi.
    Terimakasih, Wassalam mualaikum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *