Kukangku; Giat Kampanye Untuk Penyelamatan Kukang di Indonesia

Maraknya perburuan dan perdagangan kukang untuk dipelihara adalah awal mula munculnya Kukangku. Atas dasar itu maka perlu sebuah gerakan inisiasi kepedulian yang mengajak anak muda dan masyarakat untuk turut serta dalam upaya penyelamatan kukang.

Pada tanggal 3 Februari, Kukangku resmi berdiri dalam bentuk platform online. Penggunaan platform online dilandasi oleh banyaknya aktivitas perdagangan disertai perkumpulan pemilik kukang secara online yang tanpa disadari berpengaruh terhadap ancaman populasi kukang di alam.

Berdasarkan hasil data yang Kukangku himpun, rata rata pemilik kukang merupakan kaum muda dengan kisaran usia 15-35 tahun. Kaum muda jelas merupakan pengguna sosial media aktif, dimana kukang yang dipelihara lebih mudah dipamerkan. Padahal aktivitas ini justru memancing pemelihara baru yang tidak mengerti dan semakin diperparah dengan munculnya komunitas yang mengatasnamakan Pecinta Kukang.

Untuk memulai gerakan kampanye ini, Kukangku bersama beberapa public figure membuat video kampanye yang mengajak anak muda untuk membantu menghentikan pemeliharaan dan perdagangan kukang. Kukangku bekerja sama dengan Irfan Hakim, Payung Teduh, Soulvibe, The Dandees dan Dony Hendaru. Keterlibatan public figure sangat membantu dalam menyampaikan pesan pelestarian kukang bagi masyarakat yang umumnya tidak mengenal apa itu kukang.

Kukangku mengemban visi untuk melindungi kukang dari ancaman kepunahan akibat aktivitas perburuan, perdagangan dan pemeliharaan. Hal tersebut akan diwujudkan melalui misi:

  • Memberikan edukasi dan penyadartahuan kepada seluruh masyarakat untuk berperan dalam upaya penyelamatan kukang.
  • Memberikan informasi terbaru terkait fakta tentang kukang.
  • Menghentikan perdagangan kukang dengan menurunkan minat masyarakat untuk memelihara.
  • Mengajak masyarakat untuk turut serta menyebarluaskan isu penyelamatan kukang baik secara offline maupun online.
  • Bekerjasama dengan seluruh pihak, baik BKSDA, Lembaga konservasi IAR Indonesia untuk memfasilitasi penyerahan dan pelaporan kukang.

Sumber; KUKANGKU 

Foto DOK. Akun Instagram Kukangku

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke kontak@komunita.id. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *