Clean Up Jakarta Day 2017, Dorong Komunitas & Masyarakat Untuk Peduli Lingkungan

Sampah telah menjelma menjadi persoalan global yang tidak mudah diselesaikan. Setiap tahun volume sampah terus bertambah hingga jutaan ton. Selain pemerintah Indonesia, sejumlah komunitas masyarakat mencoba mengulurkan tangan guna membersihkan lingkungan dari sampah.

Seperti yang dilakukan Coca-cola Amatil Indonesia (CCAI) melalui program Clean Up Jakarta Day (CUJD). Tahun ini, CCAI berkolaborasi dengan para pelajar dari Universitas Indonesia sebagai organisasi yang memiliki visi yang sama terhadap lingkungan. Mengawali Clean Up Jakarta Day 2017, karyawan CCAI dan para pelajar Universitas Indonesia berkumpul untuk mengambil sampah di sekitar pusat kota pada Ahad (8/10).

Kegiatan yang sudah berlangsung sejak 2013 ini berupaya menyatukan komunitas dan relawan untuk mempromosikan lingkungan yang lebih bersih dengan memungut sampah di sekitar pusat kota. “Isu sampah merupakan masalah kita semua, masih banyak yang dapat kita lakukan untuk menciptakan dampak positif bagi lingkungan,”kata Lucia Karina, Direktur Public Affairs and Communications, Coca-Cola Amatil Indonesia dalam keterangan tertulisnya .

Para peserta diminta untuk memisahkan sampah yang dapat didaur ulang dengan yang tidak dapat didaur ulang untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya proses daur ulang. Di akhir acara, para peserta CCAI dan Universitas Indonesia berhasil mengumpulkan lebih dari 111 kg sampah untuk diserahkan kepada pihak Dinas Kebersihan DKI Jakarta.

Selain di Jakarta, CCAI juga telah menjalankan berbagai program City Clean Up di 8 wilayah operasional CCAI di Indonesia. Selain menggerakkan ribuan karyawan di tiap area, program City Clean Up juga berkolaborasi dengan pemerintah dan komunitas lokal. Program City Clean Up merupakan salah satu bagian dari berbagai upaya yang dijalankan oleh CCAI untuk menjaga lingkungan.

Sebagian kegiatan dijalankan secara adhoc, dan beberapa dijalankan dengan rencana jangka panjang, seperti Coca-Cola Forest di Lampung, Bandung, dan Semarang, serta Bali Beach Clean Up (BBCU). Tahun ini CCAI juga merayakan hari jadi BBCU yang ke 10. Tim Bali Beach Clean Up telah berhasil menyingkirkan lebih dari 34 juta kg sampah dari pesisir pantai Bali sepanjang 9.7 kilometer dan melepaskan lebih dari 140 ribu ekor bayi penyu ke laut.

Sumber: REPUBLIKA

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke kontak@komunita.id. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *