Sejumlah Komunitas Pontianak Bergerak Bersama Dalam Aksi Indonesia Clean Up Day

Pontianak memproduksi 6.700 ton sampah setiap hari. Sebagian besar sampah-sampah ini berujung di tepi jalanan, sungai Kapuas dan, akhirnya, di laut. Banyaknya sampah dalam dua hari di kota Pontianak adalah sebesar satu Candi Borobudur!

“Cleanliness is next to Godliness”

Minggu Pagi 8 Oktober 2017, Indonesia Clean Up Day Pontianak diselenggarakan oleh Badan Lingkungan Hidup Kota Pontianak bersama beberapa komunitas aktif yang ada di Kota Pontianak, seperti Blogger Pontianak. Kegiatan ini diselenggarakan di area Taman Alun Kapuas hingga Pasar Parit Besar. Beberapa komunitas dibagi menjadi dua kelompok untuk membersihkan daerah darat dan daerah air (sungai).

Indonesia Clean Up Day adalah sebuah kegiatan dalam memperingati hari sungai internasional dimana komunitas Earth Our kota Pontianak bersama Gerakan Senyum Kapuas dan 18 Komunitas lainnya mengajak masyarakat yang peduli, komunitas-komunitas, sekolah-sekolah, dan seluruh warga dapat bergabung dan mempunyai suara yang lebih besar untuk andil memberantas masalah kebersihan ini. Tujuannya adalah ingin menyatukan komunitas-komunitas dan relawan-relawan melalui kegiatan gotong royong dalam rangka menciptakan Pontianak yang lebih bersih.

Kegiatan ini serentak diadakan se-Indonesia yang dilaksanakan oleh 22 Provinsi dan 62 kota dilaksanakan juga di Pontianak. Dengan mengerahkan berbagai komunitas di Pontianak untuk bergotong royong dan melakukan aksi ‘bersih-bersih’ ini Wali Kota Pontianak, Pak Sutarmdji berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa kebersihan kota adalah tanggung jawab kita semua, bukan hanya petugas pembersih jalan, pemulung atau pemungut sampah.

Melalui kegiatan ini, harapkan masyarakat Pontianak bisa lebih menyadari betapa merugikannya membuang sampah sembarangan sekaligus menanamkan kepekaan terhadap pentingnya proses daur ulang sampah.

Peserta Clean Up Day bagian darat membawa karung yang diisikan sampah jika menemukan di sepanjang jalan, kemudian dikumpulkan di pick up pengangkut sampah yang disediakan oleh Dinas Kebersihan Kota Pontianak.

Sumber: SITI MUSTIANI

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *