Forum Komunitas Kota Intan Lakukan Aksi Hijau Meriahkan HUT Pemda Landak Ke-18

Forum Komunitas Kota Intan yang tergabung dalam berbagai Komunitas yang ada di Landak, melakukan Aksi Hijau dengan ikut dalam kegiatan karnaval mobil hias dalam rangka HUT Pemda Landak ke 18 pada Rabu (11/10/2017).
Aksi Hijau Forum Komunitas Kota Intan sendiri merupakan Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH), dalam rangka upaya memwujudkan kota yang berkelanjutan dengan mengacu pada Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota/Kabupaten.

“Jadi P2KH melalui Forum Komunitas Kota Intan ini untuk mewujudkan delapan atribut Kota Hijau,” ujar Ketua Forum Komunitas Hijau Kota Intan, Jhon Elak pada Rabu (11/10) disela-sela mengikuti Karnaval mobil hias dalam HUT Pemda Landak ke 18.

Dijelaskannya, kedelapan atribut Kota Hijau itu adalah, perencanaan dan perancangan kota yang ramah lingkungan, ketersediaan ruang terbuka hijau, konsumsi energi yang efisien, pengelolaan sampah rama lingkungan, bangunan hijau.

Kemudian, penerapan sistem transportasi yang berkelanjutan, dan peningkatam peran masyarakat sebagai komunitas hijau. “P2KH ini bertujuaj untuk mewujudkan pemukiman perkotaan yang layak huni dan berkelanjutan, melalui penerapan delapan atribut kota hijau,” jelas Jhon.

Melaui peningkatan kualitas ruang kota khususnya melalui perwujudan RTH 30 persen sekaligus implementasi RTRW Kota/Kabupaten, serta peningkatan partisipasi pemangku kepentingan dalam implementasi agenda hijau perkotaan.

Diakuinya, P2KH dimulai sejak tahun 2015. Pada tahun anggaran 2017 peserta P2KH berjumlah sembilan Kota/Kabupaten setelah penjaringan tahun 2016. “Jadi Landak merupakan satu dari sembilan Kabupaten/Kota yang ikut P2KH tahun anggaran 2017,” bebernya.

Lanjutnya lagi, aksi hijau dan aksi komunitas hijau bermaksud untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan dan melahirkan agen kota hijau. “Yang mampu menyebarkan informasi terkait pemahaman akan pentingnya kota hijau bagi keseimbangan kota yang berkelanjutan,” harapnya.

Selain itu kegiatan aksi komunitas hijau merupakan sarana dalam mensosialisasikan kepada masyarakat dan generasi-generasi muda. “Bahwa Kabupaten Landak telah berkomiten untuk mewujudkan kota hijau yang telah terdaftar sebagai anggota kota hijau nasional,” ungkapnya.

Sehingga guna mewujudkan hal tersebut, Landak telah membentuk forum komunitas hijau kota intan. Sebagai motor penggerak utama gerakan hijau serta pembawa perubahan di Kota/Kabupaten, serta menjamin berkelanjutan program kota hijau dimasa yang akan datang.

“Ada pun aksi komunitas hijau kota intan yakni, mengikuti karnaval mobil, pembagian bibit pohon, deklarasi komitmen masyarakat, steakholder, dan Pemerintah Daerah, serta pemasangan plang himbauan ajakan motivasi,” pungkasnya.

Sumber: Tribun News Pontianak

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *