TP PKK Kecamatan Rajabasa Lampung Selatan Gelar Pemeriksaan Kanker Serviks & Payudara

Dalam rangka rapat kordinasi (Rakor) TP PKK Kecamatan Rajabasa melakukan deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara melalui pemeriksaan Inveksi Visual Asam Asetat (IVA).

‎Kegiatan sosialisasi dan pemeriksaan melalui IVA yang berlangsung dibalai Desa Canggung itu dihadiri Ibu-Ibu masyarakat desa setempat dan Ibu PKK se-Kecamatan Rajabasa Lampung Selatan (Lamsel). Kamis (12/10/2017).

Selain Ketua TP PKK Kecamatan Rajabasa Cucu Shalehah Mandala Putra, turut hadir Sekretaris Camat Heriansyah dan ‎didampingi Kades Canggung beserta Bidan Kecamatan Rajabasa dan Bidan dari Poltekes Bandar Lampung.

‎Ketua TP PKK Rajabasa Cucu Shalehah Mandala Putra mengatakan, kegiatan sosialisasi sekaligus dilakukan pemeriksaan IVA terhadap Ibu-Ibu yang hadir untuk mendeteksi sejak dini penyakit kanker yang umumnya menyerang wanita seperti kanker payudara dan kanker rahim servik.

“Kegiatan rakor sekaligus sosialisasi IVA ini bertujuan untuk mencegah sejak dini gejala penyakit kanker payudara dan kanker serviks,” ujar Ketua TP PKK Rajabasa.

Sementara itu, ‎Sekcam Rajabasa Heriansyah dalam sambutannya mangatakan, sosialisasi IVA ini sangat penting khususnya untuk para wanita atau Ibu-Ibu agar para Ibu-Ibu mengetahui bahaya serta pentingnya mencegah agar tidak terkena kanker serviks dan payudara.

‎Sebab seperti yang kita ketahui, kanker payudara dan kanker servik merupakan salah satu penyakit berbahaya jika tidak diketahui sebab penyakit ini dapat menyerang siapa saja khususnya ibu-ibu (wanita_red).‎

“Acara ini upaya memberi pengetahuan sekaligus pemeriksaan melalui IVA. Kemudian bagaimana upaya pencegahan penderita kanker payudara dan kanker leher rahim,” ujar Sekcam dalam sambutanya.

Hal senada dikatakan Kepala Desa (Kades) Canggung Tarmizi. Dimana kata dia, dirinya berharap kegiatan ini bisa bermanfaat bagi kita semua khususnya ibu-ibu yang ada di Desa dan Kecamatan Rajabasa.

‎Selain mengetahui bahaya penyakit kanker, juga mereka tau bagai‎mana cara mencegah agar tidak terkena penyakit kanker payudara dan serviks.

“‎Harapan kami adanya kegiatan ini semoga menambah pengetahuan ibu-ibu. Dimana seperti apa bahayanya penyakit kanker baik payudara maupun kanker rahim dan pencegahannya seperti apa,” ‎harapannya.

Untuk diketahui, pemeriksaan kanker payudara dan kanker rahim dilakukan dirumah salah seorang warga sekitar yakni bapak Ibrahim Minak Jaliang tepatnya di depan Balai Desa Canggung.

Kemudian, juga hadir Bidan Kecamatan Rajabasa diantaranya Bidan Mardhati, S.St, Nindi, Riska Novi, Rita, bidan Anita serta Bidan Siti Nurlela. Sementara itu bidan dari Poltekes Bandarlampung diantaranya Susilawati, Tia Setiawati, Yulistia Safitri dan Yuni Utari Dewi yang kebetulan Poltekes sedang menjalani Praktek Klinik Komunitas.

Sumber: KRAKATAU NEWS

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *