Spider-Verse Indonesia: Ciptakan Kesenangan Melalui Berbagai Aksi Sosial

Kebanyakan orang ber-cosplay untuk bersenang-senang. Entah itu bersenang-senang karena bisa jadi karakter favoritnya di komik atau manga, bahkan film. Bisa juga bersenang-senang agar dikenal banyak orang dan bisa naik terus follower di Instagram. Tapi kayaknya bersenang-senang untuk Spider-Verse Indonesia udah lain lagi artinya.

Ah ya, kenalin nih guys komunitas Spider-Verse Indonesia. Mereka ini merupakan kumpulan atau komunitas cosplayer salah satu karakter Marvel terkenal, Spider-Man, yang aktivitasnya bukan cuma bikin kostum terus dipamerin di depan orang banyak. Tapi malah punya tujuan mulia, yaitu selalu bikin charity.

Jadi gini, awalnya Spider-Verse Indonesia terbentuk karena adanya salah satu fans Spider-Man di Indonesia, bernama Jose Edward, yang terkena musibah sakit Spinal Muscular Athropy atau penyakit genetik otot saraf yang ditandai dengan kelumpuhan otot, terutama pada kedua kaki. Karena beberapa anggota awalnya sering kumpul bareng di beberapa acara pop culture, maka terbentuklah komunitas ini dan langsung membuat charity sederhana buat fans yang sakit tersebut.

“Dia ini sakit dan kebetulan kita lihat dia ini foto sama Spider-Man dan memang dia juga fans. Terus mikir ide bikin charity ini. Kita akhirnya bikin video dan kegiatan sosial, terus videonya di-upload ke YouTube. Dari situ sayang cuma gitu, akhirnya kita lanjut aktivitas dari Spider-Verse ini ialah fokus ke charity,” terang Patiya, salah satu anggota yang menggagas berdirinya komunitas ini saat ditemui di Indonesia Comic Con 2017, Sabtu (28/10) lalu.

Komunitas yang anggotanya tersebar di beberapa daerah di Indonesia, termasuk di Timika, Papua ini setiap bulannya seenggaknya akan menggelar charity. Karena memang satu sama lain berpikir kalau kegiatan ini justru lebih meaningful, ketimbang cuma dateng ke event dan senang-senang aja.

“Kita ingin bikin event charity, karena kita pengen membantu meringankan beban orang-orang yang lagi sakit atau butuh pertolongan lah,” tutur Patiya.

“Targetnya sendiri sebenernya itu anak-anak panti asuhan atau anak-anak yang lagi sakit. Apalagi mereka yang sakit kalau ngelihat superhero, apalagi yang mereka suka, pasti mereka tuh seneng banget,” timpal Iwan salah satu anggota lainnya yang berasal dari Kalimantan.

BAHAGIANYA MEREKA BISA MEMBUAT ANAK YANG SAKIT TERSENYUM LAGI
Berangkat dari hobi lalu menjadi sesuatu yang mulia, mungkin kamu harus memberikan standing applause dan hormat yang tinggi kepada Spider-Verse Indonesia. Saat ini untuk aktivitas charity mereka mungkin masih berpusat di Jakarta aja. Ke depan mereka pengen banget bisa ke daerah-daerah, karena anggota mereka yang lain ada di beberapa daerah lain di Indonesia.

Tentu mereka pengen ke daerah-daerah, karena sadar kalau banyak anak-anak di daerah yang juga mungkin hidupnya itu nggak seberuntung mereka. Apalagi ketika melihat senyum anak-anak, mereka jadi semangat dan ada rasa seneng tersendiri gitu lho.

“Seneng dan bahagia itu pasti ya. Terharu juga sih, tapi kan mereka nggak bisa lihat kita ya, soalnya pakai topeng,” terang Angga, salah satu anggota lainnya.

“Yap bener banget. Jadi ada waktu itu kita ke rumah sakit di Jakarta, anaknya yang pas sebelum ketemu kita lemes tiba-tiba jadi kayak sehat gitu. Yang dari genggamannya lemes, jadi kuat. Saat itu gue bener-bener bahagia, karena bisa bikin anak-anak yang sakit itu senyum lagi, semangat lagi. Supaya cepet sembuh juga mereka,” jelas Iwan sambil mengenang masa-masa pertama charity.

BERGABUNG NGGAK MESTI BISA COSPLAY
Tertarik untuk bergabung dengan Spider-Verse Indonesia karena kamu fans Spider-Man? Cara daftar untuk bisa gabung sama komunitas ini gampang kok, nggak ribet.

“Cara gabungnya itu gampang banget. Follow Instagram atau Facebook Spider-Verse Indonesia. Di situ lo bisa tanya-tanya atau dateng ke event yang disebar di situ. Nggak butuh kostum kok buat gabung. Soalnya kan kita kalau charity butuh juga yang bisa bantu motret, ketemu orang, dan lain-lain,” beber Patiya.

“Nanti kalau memang aktif di komunitas ini, pasti akan diajak gabung ke grup WhatsApp kok. Soalnya memang yang gabung di grup WhatsApp itu anggota-anggota yang memang serius dan setiap kali bikin event dateng terus dan menjaga komunikasi banget,” tambahnya.

Kalau kamu udah bergabung dengan mereka, jangan lupa buat ikutan charity Spider-Verse Indonesia ya guys. Pahala kamu pasti bakal banyak nih kalau ikutan komunitas ini!

Sumber: JOYPIXEL.ID

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke kontak@komunita.id. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *