Sambut Natal, Aksi Kotak Oranye (AKO) Kembali Gelar ‘Kasih Kotak Oranye’

Aksi Kotak Oranye (AKO) kembali menggelar kegiatan amal untuk menyambut Natal 2017. Dengan mengusung tema “Kasih Kotak Oranye”, komunitas berbagi ini sepakat menjalankan aksi mereka dengan berbagi ke sejumlah panti asuhan di wilayah Jabodetabek.

Menurut ketua aksi, Gobin Ahmad, berbeda dengan aksi pada Ramadan lalu, menjelang Natal, AKO fokus untuk mewujudkan keinginan anak-anak dari sejumlah panti asuhan dengan sistem wishlist. Sistem ini dipilih berdasarkan hasil survei yang dilakukan secara mandiri oleh tim relawan yang terdiri dari berbagai macam profesi.

“Ini adalah edisi Natal pertama kami dan mungkin sedikit berbeda dari kegiatan donasi kue Lebaran yang rutin kami lakukan tiap tahun. Aksi kali ini tetap berangkat dari semangat memberi hadiah persahabatan. Idenya sederhana dan diharapkan dengan aksi kecil ini bisa membawa makna yang besar,” ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi, Senin (13/11).

Untuk program tersebut, tim relawan yang berjumlah sekitar 50 orang telah melakukan pendataan terhadap anak-anak di sejumlah panti asuhan untuk menyalurkan donasi pada 17 Desember 2017. Donasi yang terkumpul akan didistribusikan kepada sedikitnya 100 anak dari panti asuhan yang berbeda.

Agar transparan, komunitas yang berdiri tahun 2010 ini memilih web dan media sosial yang bisa diakses langsung oleh para donatur. Kedua media itu dipilih agar donatur tidak mengalami kendala dalam menemukan sasaran donasi yang dibuka 6 November hingga 2 Desember 2017.

“Tidak hanya sekedar donasi, kami ingin para donatur juga bisa memantau kepada siapa donasinya disalurkan. Informasi lengkap profil, foto, dan keinginan anak-anak ini juga lengkap kami hadirkan di sana,” kata Gobin.

AKO hadir sebagai komunitas berbagi yang bergerak secara independen. Digawangi oleh sejumlah anak muda, komunitas ini berharap dapat menularkan nilai-nilai positif dari kegiatannya.

Sumber: BERITA SATU

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *