Youth Clean Up Day, Green Generation Bergerak Bersama Menjaga Lingkungan

Sejumlah siswa SMAN 1 Gianyar yang peduli lingkungan, membentuk wadah yang diberi nama Green Generation. Mereka merupakan generasi muda yang sangat peduli lingkungan. Mereka juga secara intensif memerangi sampah, terutama sampah plastik.

Dalam rangka Youth Clean Up Day yang serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia, Green Generation SMAN 1 Gianyar menggelar kegiatan Green Generation Bermanja (bergerak bersama menjaga lingkungan), di arena Car Free Day (CFD) Taman Kota Gianyar, Minggu (29/10/2017). Green Generation membagi-bagikan kantong ramah lingkungan dan sekaligus mengajak memungut sampah sepanjang jalur jalan santai yang dilewati.

Koordinator Green Generation SMAN 1 Gianyar, Danan mengatakan, Green Generation Bermanja (bergerak bersama menjaga lingkungan) merupakan kegiatan dari Green Generation Indonesia khususnya Green Generation SMAN 1 Gianyar. “Kami peduli terhadap lingkungan karena lingkungan merupakan tempat kita berpijak dan hidup. Maka sudah sewajibnya kami menjaga lingkungan,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 1 Gianyar, I Made Sudra Astra mengatakan, untuk menuju Adiwiyatha Mandiri, ia mempunyai ide untuk membentuk komunitas peduli lingkungan. Ia yakin idenya bisa terwujud, karena siswa SMAN 1 Gianyar sangat peduli lingkungan, mereka secara intensif melakukan kampanye memerangi sampah plastik. “Siswa SMAN 1 Gianyar sangat peduli lingkungan. Mereka sering membuat aksi peduli lingkungan, seperti penghijauan dan juga memungut sampah,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gianyar, I Wayan Kujus Pawitra mengatakan, aksi yang dilakukan siswa SMAN 1 Gianyar merupakan salah satu bentuk pendidikan karakter. “Di SMAN 1 Gianyar memang banyak siswanya yang peduli lingkungan. Sebelumnya ada AMIGOS yang juga sering melakukan kegiatan bersih-bersih dan juga penghijauan,” jelasnya.

Kujus Pawitra mengaku akan mendukung kegiatan dari Green Generation. Apalagi dalam aksinya mereka kerap kali mengkampanyekan kebersihan lingkungan terutama mengurangi sampah plastik. “Idenya patut di apresiasi. Selain membersihkan sampah mereka juga memperkenalkan senam Go Green yang diiringi lagu lagu tentang lingkungan,” pungkasnya.

Sumber: POSBALI.ID

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *