Komunitas Turun Tangan Surabaya Gelar Olimpiade Sekolah Rakyat (OSR) Ke-3

Minggu, 19 November 2017 telah dilaksanakan kegiatan Olimpiade Sekolah Rakyat (OSR) 3 oleh organisasi TurunTangan Surabaya, di Taman Prestasi, Surabaya. Kegiatan ini diikuti oleh 32 tim yang berasal dari 20 sekolah rakyat binaan di Surabaya dan sekitarnya.

Peserta kegiatan ini adalah Sekolah Rakyat/Rumah Belajar/Rumah Singgah yang beberapa diantaranya diisi oleh anak-anak yang tidak mendapat akses untuk menempuh sekolah formal. OSR 3 bertujuan untuk menjadi wadah komunikasi antar rumah belajar, sehingga dapat saling berkembang ke depannya. Bukan hanya itu, OSR juga bertujuan untuk menarik minat peserta didik dari sekolah rakyat untuk dapat bersaing dan berkompetisi di bidang akademik. Selain itu, OSR juga bertujuan sebagai wadah untuk memperlihatkan optimisme pendidikan di Jawa Timur, khususnya Kota Surabaya, sehingga Pemerintah Kota maupun Provinsi akan terus berbenah dan melakukan perbaikan pendidikan, khususnya dalam menfasilitasi anak-anak yang tidak mampu mengakses pendidikan formal.

OSR 3 tidak kaku seperti namanya. Pada kegiatan ini, kita memadukan antara kecerdasan akademik dan non-akademik. Olimpiade, merupakan satu dari beberapa bagian kegiatan OSR kali ini. Dimana anak-anak dari rumah belajar menjawab soal-soal dari panitia, yang kemudian hasil dari olimpiade ini diakumulasikan nilainya dengan bagian OSR lainnya, yaitu Rally Games. Rally Games terdiri dari 3 Permainan, yaitu Bunderan Koran, Papertoy dan Rangking 1.

Dari penilaian yang berupa akumulasi tersebut, jelas bahwa OSR 3 tidak bergantung kepada akademik saja, tetapi kecerdasan non akademik yang juga dipadukan dengan konsep belajar yang diluar ruangan.

Tidak hanya itu, OSR juga menyediakan wadah seni, bagi rumah belajar yang ingin tampil. Ada 10 peserta Art Contest dari 10 Rumah Belajar yang berbeda. Juga OSR Menyediakan hadiah berupa Trofi Art of Performance dan uang tunai kepada adik-adik pemenang.

Rangkaian kegiatan acara dimulai pada pukul 7.30 WIB dan berakhir pada pukul 16.00 dengan pengumuman pemenang OSR 3 dan Art Contest.

“Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang bisa kamu gunakan untuk mengubah dunia”
-Nelson Mandela

Pejuang Bukan? Hadapi!

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *