She Runs Sub: Keluarkan Hormon Endorfin Melalui Olahraga Lari

Lari, merupakan olahraga yang murah meriah dan bisa dilakukan siapa saja. Jika dulu olahraga satu ini selalu identik dengan pria, kini sudah banyak wanita yang menggemarinya untuk gaya hidup sehat. Tak salah jika akhirnya banyak komunitas lari wanita bermunculan salah satunya She Runs Sub yang ada di Surabaya.

She Runs Sub yang dibentuk pada tahun 2013 ini berawal dari satu komunitas lari campuran pria dan wanita bernama Indo Runners Surabaya. Namun karena para pelari wanita merasa kurang nyaman dalam hal berkomunikasi akhirnya mereka membentuk grup tersendiri khusus untuk wanita.

“Dulu kita jadi satu sama Indo Runners Surabaya, tapi yang namanya wanita kan kadang kurang nyaman kalau discuss soal lari misal saat menstruasi, atau soal sport bra yang nyaman ke mereka. Akhirnya kita yang perempuan bentuk grup sendiri buat ngobrol hal-hal semacam itu sampai akhirnya terbentuklah She Runs Sub ini. Tapi kita juga masih tetep gabung sama Indo Runner Surabaya, latihan juga bareng mereka,” jelas Risqa, ibu satu anak tersebut.

Beranggotakan sekitar 85 orang, She Runs Sub terdiri dari wanita dengan berbagai usia dan latar belakang. Mulai dari pelajar, karyawati, hingga ibu rumah tangga bergabung di komunitas tersebut.

“Anggota kita macam-macam ya, yang paling muda itu usia SMA, yang paling tua oma-oma usia 60 tahun lebih,” ujar Inesha yang telah bergabung selama 3 tahun di She Runs Sub.

Meskipun anggotanya terbilang banyak, namun peranan pria bagi komunitas tersebut sangat berarti, apalagi untuk urusan lari di jalanan. Karena lari di jalan masih kurang aman, rawan diganggu, terlebih saat wanita-waita tersebut memakai pakaian lari yang cukup pendek. Jadi tak salah jika para wanita tersebut menjadi bagian dari Indo Runners Surabaya.

Untuk urusan race komunitas wanita satu ini tak perlu diragukan lagi. She Runs Sub sudah banyak mengikuti berbagai perlombaan baik tingkat nasional hingga internasional. Mulai dari Bromo Tengger Semeru Ultra hingga Bali Marathon, yang disebut sebagai event lari internasional terbaik yang dilaksanakan di Indonesia.

“Kita banyak ikut race di Indonesia, juga sampe ke luar negeri. Tapi just for fun aja, karena kita bukan atlet yang pro gitu. Kalau menang ya untung. Intinya kita hanya menyalurkan hobi lari yang sesama perempuan, buat seneng-seneng, buat ngeluarin hormon endorfin.” sambung Inesha.

Sebagai komunitas, She Runs Sub pasti ada suka-dukanya seperti anggota yang tidak tetap, terkadang moody, atau ada yang kurang berbaur. Namun semua bisa disiati dengan aktivitas lain selain lari. Mereka sering menghabiskan waktu bersama seperti belanja, karaoke, atau sekedar nongkrong sambil membahas Running Apparel agar komunitas ini tetap kompak.

“Untungnya gabung di She Runs Sub banyak banget, yang jelas badan lebih sehat, ketemu teman baru, nambah wawasan, nambah relasi, ada yang sampai punya bisnis karena gabung disini, bahkan ada yang dapat jodoh lewat komunitas lari,” tambah Risqa sambil tertawa.

Nah bagi yang punya hobi lari dan ingin bergabung dengan She Runs Surabaya, anda bisa langsung datang ke TuNR (Tuesday Night Run) dan TNR (Thursday Night Run) bertempat di Skate & BMX Park, Parkir Selatan Delta Plaza, Jalan Pemuda. Mulai berkumpul pukul 19.30 WIB dan mulai lari pukul 20.00 WIB. Sedangkan hari Minggu (Sunday Morning Run) tempat kumpul di apotek Kimia Farma, Jalan Raya Darmo (Car Free Day) pukul 05.30 WIB dan mulai lari pukul 06.00 WIB.

Anda yang baru bergabung, tak perlu takut tertinggal saat lari karena She Runs Surabaya memiliki tim swiiper untuk pemula yang tugasnya untuk mendampingi dan menyemangati, loh. So, niat sehat bisa diawali dari 1 km pertama!

Sumber: WOMANBLITZ

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke kontak@komunita.id. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *