Peringati Hari Pohon Sedunia, Komunitas Pecinta Lingkungan Banyumas Tanam Pohon

Ratusan relawan dari berbagai lembaga dan komunitas di Banyumas, Jawa Tengah menggelar aksi tanam pohon di Lereng Gunung Slamet untuk memperingati Hari Pohon Sedunia yang jatuh pada 21 November. Para relawan juga membersihkan hutan dan jalur-jalur Gunung Slamet dari sampah nonorganik.

Komandan Taruna Tanggap Bencana (Tagana) Kabupaten Banyumas, Heriana Ady Chandra mengatakan selama tiga hari, relawan dari berbagai komunitas itu menggelar berbagai kegiatan untuk memperingati hari pohon sedunia, antara lain bersih kota dan menanam pohon.

Menurut Chandra, penanaman bibit pohon adalah bagian dari gerakan menjaga sumber air di hutan, menjaga daerah lereng selatan Gunung Slamet sebagai daerah tangkapan air, mencegah bahaya Pengurangan Resiko Bencana, seperti longsor dan banjir bandang.

“Upaya kecil ini sebenarnya sebagai wujud dari partisipasi relawan guna menjaga kelestarian Gunung Slamet khususnya bagian selatan,” kata Chandra, Selasa (21/11).

Chandra menjelaskan, berbagai lembaga terlibat dalam kegiatan ini antara lain, STT Telkom Purwokerto, pemerintah desa Melung, Forum Pengurangan Resiko Bencana Desa Melung, Tagana, BPBD, Pramuka, SAKA Saka Wanabakti, Kamandaka DKR Kedungbanteng.

Selain itu, ada pula relawan dari Tresna Jakarta Rescue, PMI Kabupaten Banyumas, SAR Banyumas, Raden Pala, Mahasiswa STT Telkom Purwokerto, pelajar SMA dan SMK Banyumas, serta Komunitas Pecinta Lingkungan.

Sementara, peringatan hari pohon sedunia juga diisi dengan gerakan membersihkan lingkungan oleh seluruh dinas dan lembaga yang ada di Kota Purwokerto. Para pegawai di di lingkup Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Banyumas serentak membersihkan selokan, rumput, got, hingga semak di sekitar kantor.

Sekretaris Dinsospermasdes Kabupaten Banyumas, Kamijo mengatakan, aksi bersih-bersih serentak itu juga bertujuan untuk mengkampanyekan gaya hidup sehat dan lingkungan bersih. Lingkungan bersih diyakini berkorelasi dengan kesehatan masyarakat. “Bersih lingkungan ini dilakukan serentak oleh Dinas Instansi/SKPD dan OPD di lingkungan Kabupaten Banyumas,” ujar Kamijo.

Reporter: M. Ridlo Susanto

Editor: Basfin Siregar

Sumber: GATRA

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *