Komunitas Lentera Negeri Sukses Gelar Bakti Sosial di Desa Tapong Kabupaten Bone

Komunitas Lentera Negeri (LN) sukses menghelat salah satu kegiatan tahunannya, Bakti Sosial (baksos), yang berlangsung selama 3 hari berturut-turut sejak tanggal 5 Januari 2018 hingga 7 Januari 2018 di Desa Tapong, Kecamatan Tellu Limpoe, Kabupaten Bone.

Baksos ini diikuti oleh sekitar 50 orang relawan Lentera Negeri dengan latar belakang berbeda-beda, mulai dari dokter, bidan, dosen, hingga mahasiswa. Item kegiatan yang diselenggarakan panitia pelaksana meliputi pemberian motivasi kepada siswa di SD Inpres 58/1 Tapong, pemberian sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), pemeriksaan kesehatan gratis, pengadaan games bersama anak-anak, pemutaran film bersama warga lokal, serta pengadaan taman baca untuk anak-anak di desa.

Sri Pratiwi, selaku Koordinator Acara baksos LN 2018 menuturkan pengalamannya menuju lokasi baksos yang tidak akan pernah terlupakan. “Tanah lumpur yang licin, batu-batu tajam, jalan yang berlubang, terjal, curam, terbayar dengan banyaknya pelajaran berharga serta kebahagiaan yang saya dapatkan di sana,” ungkap relawan yang juga merupakan alumni UIN ini.

Relawan Lentera Negeri melakukan pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga Desa Tapong Bernita Kusuma, salah seorang partisipan mengungkapkan pengalamannya sepanjang baksos. “Masuk ke Bone melalui Barru, menempuh 9 jam perjalanan dengan 6 jam naik dalmas dan hampir 3 jam jalan kaki. Medan yang beragam mulai dari bebatuan menanjak, menurun, jalanan tanah lumpur karena baru saja longsor, ditambah minimnya penerangan membuat perjalanan sangat mencekam. Tapi, walaupun terkesan jauh dari peradaban kekinian, saya bersyukur bisa ada disana. Daerah yang mulai anak kecil hingga kakek-kakek literally berbahasa bugis,” ungkap relawan yang merupakan salah seorang dokter di Kabupaten Selayar ini.

Lentera Negeri memberikan motivasi kepada siswa SD Inpres 58/1 Tapong Salah seorang relawan lainnya, Bondan Mappagiling yang juga ikut saat cek lokasi baksos mengungkapkan kegiatan seperti ini seharusnya lebih sering diadakan. “Saya bangga dan bersyukur bisa terlibat dalam kegiatan ini. Terima kasih kepada LN yang telah memberikan pelajaran serta pengalaman yg luar biasa kepada saya,” ungkap relawan kelahiran Bone ini.

Sementara itu, Ridwan selaku Kepala Desa Tapong berharap agar kegiatan seperti ini bisa berlanjut. Menurutnya, kegiatan serupa akan memotivasi masyarakat di desa untuk ikut aktif terlibat dalam kegiatan-kegiatan sosial. Kegiatan ini ditutup dengan sesi foto bersama antara relawan, kepala desa dan beberapa warga.

Penulis: Fachri Djaman
Sumber: Makassar Terkini

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *