Peringati Hari Ibu, Komunitas Seni Rupa Ambarawa Gelar Workshop Sketsa Wajah Ibu

Banyak cara dilakukan untuk mengekspresikan kasih sayang kepada Ibu dalam memperingati hari ibu yang jatuh setiap tanggal 22 Desember.

Di Ambarawa, Kabupaten Semarang, tepatnya di Gedung Kesenian Ambarawa, Jumat (22/12/2017) para pelukis yang tergabung dalam Komunitas Seni Rupa Ambarawa (Mbah Semar) mengajari para siswa SMP menggambar sketsa wajah ibu.

Kegiatan yang dirangkai dengan pameran lukisan bertajuk “Untukmu Ibu” ini disambut positif para siswa.

Di atas media kertas, para siswa menggunakan pensil dengan perlahan-lahan menggoreskan sketsa wajah seorang ibu yang renta. Para pelukis dengan telaten mengajari para siswa teknik menentukan komposisi wajah ibu. Perlahan tapi pasti, muncullah sketsa wajah ibu di atas kertas.

“Saya jadi ingat ibu di rumah. Semoga ibuku selalu sehat, bisa mengasuhku sampai aku dewasa,” kata Ayu Anggraeni (14), salah satu peserta.

Salah satu pelukis yang terlibat dalam kegiatan ini, Ireng Wawan mengungkapkan, pelatihan menggambar sketsa wajah ibu merupakan ekspresi penghargaan kepada sosok Ibu.

Dengan kegiatan ini para pelukis Ambarawa hendak mengajak para siswa untuk menghargai sosok ibu melalui karya seni rupa.

“Rata-rata seusia kita orangtuanya kan sudah pada meninggal, kita terkenang pada ibu sehingga inilah ungkapan rasa cinta kita ke ibu,” kata Ireng.

“Aku kangen dengan ibu, Aku punya sesuatu bu, bukan harus mengambar seorang ibunya. (Tapi) inilah karyaku bu, jadi gambarnya macam-macam,” sambungnya.

Selain mengajari para siswa menggambar sketsa wajah ibu, para pelukis Ambarawa juga memamerkan puluhan karya seni rupa yang terinspirasi dari sosok ibu. Sekitar 40 lukisan dari 21 pelukis Ambarawa dipamerkan di tempat ini hingga Minggu (24/12/2017).

“Harapannya dari kegiatan ini bisa mendongkrak apresiasi masyarakat terhadap seni,” tuntasnya.

Penulis Kontributor Ungaran: Syahrul Munir
Editor: Reni Susanti

Sumber: KOMPAS

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke kontak@komunita.id. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *