Komunitas Kompakers Pekanbaru: Tampilkan Fotografi Kuliner Yang Bikin Ngiler

Komunitas Kompakers Pekanbaru merupakan wadah berkumpulnya para pecinta dunia photography. Bedanya dengan komunitas photography yang lain, Kompakers Pekanbaru menfokuskan materi foto mereka kepada food Photography (potret makanan).

Dibentuk pada 20 November 2016 silam di Kota Bertuah, seluruh anggota kompakers merupakan kaum perempuan. Lebih spesifik lagi, keseluruhannya ialah ibu-ibu rumah tangga. “Namanya juga ibu-ibu, pastinya anggota-anggota kita adalah pecinta kuliner. Tapi gak harus jajan di luar juga sih, hasil masakan dari dapur juga bisa difoto, ditata sedemikian rupa biar bikin orang ngiler saat lihat-lihat foto kita,” ungkap Bu Lurah atau Ketua Kompakers Pekanbaru, Ulie Sebayang, Senin (28/8/2017).

Nama Kompakers sendiri diambil dari cara anggota yang melakukan upload ke Instagram hasil jepretan foto secara kompak atau bersamaan (Upload Kompakan). Sehingga setiap anggota yang tergabung disebut Kompakers. Seiring bertambahnya waktu, kini anggota komunitas Kompakers tidak hanya datang dari kota Pekanbaru saja, sebagian anggota juga ada yang menetap di beberapa wilayah di Provinsi Riau. Meski berada di lokasi saling berjauhan, namun kompakers tetap eksis melalui upload foto ke Instagram dan ajang pertemuan rutin guna membahas mengenai dunia food photography.

Upload foto harian menjadi kegiatan rutin komunitas ini. Dimana anggota-anggota melakukan setor foto di Ig masing-masing dengan mencantumkan Tagar dan Mantion ke @kompakerspekanbaru. Foto yang disetor para anggota juga harus sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Untuk acara pertemuan bulanan, Kompakers Pekanbaru melangsungkannya dengan bedah photo, workshop photo, meet up, dan sharing photography. Tujuannya agar ilmu dan kemampuan anggota semakin tajam dalam dunia food photography.

“Sekalian silaturahim juga kalau pertemuan. Dan karena anggota kita kan tersebar di penjuru Riau, Untuk bedah photo dan sharing kita bikin di grup seminggu tiga kali. Kalau workshop dua bulan sekali biasanya pada saat meet up di Pekanbaru. Kadang kita sering juga bkin acara motret bareng dengan kawan-kawan, misal photo bareng untuk setoran buat tema foto mingguan kita,” jelas Ulie.

Meningkatkan semangat para anggotanya, Kompakers Pekanbaru juga sering menggelar challenge foto dengan menggaet sponsor dari produk-produk ternama dan bisnis-bisnis yang ada di Pekanbaru.

“Malah belum lama ini kita bikin talkshow dan workshop woman enterpreneur yang disponsori salah satu produk houseware ternama,” sebut Ulie.

Kemampuan anggota kompakers Pekanbaru juga tidak bisa dipadang sebelah mata. Bahkan Ulie sendiri pernah menjadi salah satu pemenang lomba food photography yang diselenggarakan oleh Java Brown, malalui kompetesi Photo Instagram.

Hingga saat ini, kompakers masih memberi peluang bagi perempuan-perempuan pecinta food photography untuk beragung bersama mereka. Selain mencintai dunia photography, calon anggota harus berdomisili di Pekanbaru dan sekitarnya, serta berkomitmen untuk terus melakuan setoran foto.

“Syarat itu karena photography kalau gak rajin photo gak bakal luwes nanti. Terus Kalau berminat gabung kompakers kompakers syaratnya juga harus sudah ada minimal 7 kali ikut setoran harian Upload Kompakan. Nah kalau sudah sesuai syarat baru boleh masuk grup line kita,” terang Ulie

“Kalau sejauh ini Kompakers Pekanbaru anggotanya ada sekitar 70 orang. Kalau seluruh Indonesia dan luar negeri yang suka Upload Kompakan sekitar 112 ribu orang,” jelas Ulie lagi.

Sumber: TRIBUN NEWS

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *