Peringati Hari Sejuta Pohon Dunia, MAGER Bersama Komunitas Earth Hour Surabaya

Minggu (7/1/2018), Earth Hour Surabaya gelar acara Mangrove Green Concert (MAGER) yang dilaksanakan di Kawasan Eco Wisata Mangrove Wonorejo.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk memperingati Hari Sejuta Pohon yang akan jatuh pada 10 Januari mendatang.

“Untuk memperingati Hari Sejuta Pohon itu dengan melakukan aksi tanam mangrove yaitu MAGER ini,” ujar Koordinator Earth Hour Surabaya, Adriani Falianda Tobing, Minggu (7/1/2018).

Tujuan dari acara tersebut tidak hanya menanam mangrove saja, tetapi menyadarkan masyarakat dan generasi muda Surabaya tentang pentingnya mangrove.

 

Letak Surabaya yang berada di wilayah pesisir menjadikan mangrove memiliki peran yang cukup penting, yakni sebagai ujung tombak dalam mengurangi pencemaran limbah ke laut.

“Mengurangi, mereduksi pencemaran limbah, limbah rumah tangga, limbah industri, dialah (mangrove) yang berperan di situ. Karena kalau nggak ada mangrove, ya sudah limbah itu akan lewat hingga ke laut lepas,” tambahnya.

Tobing menambahkan, limbah di laut berbahaya bagi biota laut, ekosistem, dan mengganggu siklus hidrologi, yang mengakibatkan global warming dan climate change.

Dalam acara tersebut diikuti lebih dari 200 anak muda dari 55 komunitas yang ada di Surabaya dan Jawa Timur.

Ada sekitar 500 mangrove yang ditanam pada acara MAGER.

Sumber: TRIBUN NEWS

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke kontak@komunita.id. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *