Sejumlah Komunitas di Kabupaten Purworejo Tanam 600 Bibit Aneka Pohon Langka

Seratus anggota belasan komunitas di Kabupaten Purworejo melakukan penghijauan di Bukit Geger Menjangan Desa Trirejo Kecamatan Loano, Kamis (28/12). Mereka menanam 600 bibit aneka pohon langka di pada areal seluas kurang lebih 12 hektare itu.

Penghijauan melibatkan komunitas Bintang Gajah Gajah Group (BG3), Cah Purworejo Perantauan (CPP), Paguyuban Wong Bagelen (PWB) Wayah, Paguyuban Kepala Desa Purworejo (Polosoro), SB 3, Skin, LSM Qiblat, Komunitas Pendaki Gunung Purworejo, Jogo Kali Nusantara, Karang Taruna Trirejo, Patco dan komunitas mobil 4×4. Penghijauan diinisiasi paguyuban Bintang Gajah Gajah Group (BG3) Purworejo.

“Kami kumpulkan berbagai komunitas, hingga ada 12 organisasi. Kami bersepakat untuk lebih berperan membangun Purworejo, salah satunya lewat penghijauan,” tutur Dewan Pembina BG3 Purworejo, Mamat.

Menurutnya, penghijauan itu sudah dipersiapkan sejak kurang lebih setahun terakhir. Paguyuban BG3 menyemai ratusan bibit pohon kantil dan ditanam saat tingginya dua meter dengan diameter batang bawah dua sentimeter. Selain pohon kantil, komunitas juga menanam duwet, salam, kecapi, jenitri dan kamboja Jepang. “Selain dari persemaian kami, LSM Qiblat juga membantu ratusan bibit pohon,” ungkapnya.

Geger Menjangan, katanya, dipilih jadi lokasi penghijauan karena letaknya yang dekat dengan pusat Kota Purworejo. Kawasan itu juga jadi objek wisata religi dengan keberadaan Makam Kyai Imam Puro. Selain itu, pemerintah desa setempat berencana mengembangkan bukit jadi kawasan wisata.

Sumber: KRJOGJA

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke kontak@komunita.id. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *