Lintas Komunitas Banda Aceh Lakukan Penanaman 1000 Mangrove di Pantai Gampong Alue Naga

Lintas komunitas dan instansi di Banda Aceh melakukan penanaman 1.000 batang mangrove di tepi pantai Gampong Alue Naga, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh, Minggu (14/1/2018).

Kegiatan itu merupakan bagian dari aksi menanam 10 ribu mangrove serentak di 10 kota di Indonesia, yang diprakarsai Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI.

Hadir dalam aksi di Alue Naga sejumlah komunitas di antaranya Komunitas Tsunami Aceh, Natural Aceh, Raon Adventure Club, dan masyarakat Alue Naga.

 

Sedangkan beberapa instansi yang terlibat di antaranya TNI, Dinas LHK Aceh, BBTN Gunung Leuser, Unsyiah, dan UIN Ar-Raniry.

Koordinator Kegiatan, Ali Totop Nasution SP mengatakan, sebanyak 1.000 mangrove yang ditanam di Alue Naga bertujuan untuk mengurangi dampak abrasi dan sebagai pemecah ombak.

Ditambahkan, mangrove juga berperan penting dalam mengurangi pencemaran udara dan rumah yang baik bagi ikan dan kepiting.

“Semoga masyarakat Alue Naga dapat menjaga ekosistem mangrove secara baik, mengingat manfaatnya yang besar bagi lingkungan dan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Selain Banda Aceh, lanjutnya, ada sembilan kota lain yang melakukan aksi yang sama, di antaranya Makassar, Semarang, Padang, Surabaya, dan Medan.

Kegiatan tersebut semakin semarak dengan adanya live streaming dengan Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar, pemerhati anak, Kak Seto, dan Duta Sahabat Anak Peduli Lingkungan, Jefri Nichol.

Sumber: TRIBUN NEWS

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *