Komunitas Sketcher Makassar Gelar ‘Sketch On Location’ Bersama Mahasiswa UNHAS

Universitas Hasanuddin (Unhas) bekerjasama dengan Komunitas Indonesia’s Sketcher Chapter Makassar menggelar Fundamental Urban Sketching Workshop di Lantai 6 Rektor Unhas, Sabtu (20/1/2018).

Kegiatan ini menjadi salah satu agenda Komunitas Sketcher Makassar dalam mengembangkan keterampilan membuat sketsa objek dan situasi sekitar melalui teknik observasi langsung.

Workshop ini bertujuan membantu peserta melakukan proses menggambar dengan lebih simpel, mudah dan menyenangkan melalui koordinasi mata dan tangan yang taktis dan sederhana.

Pelatihan sketsa ini diawali dengan pengantar teori singkat di ruangan, setelah itu langsung mempraktekkan teknik melakukan sketching objek di selasar rektorat Unhas dan sekitar halaman kampus.

“Kita menggambar dengan mata, pikiran, otak kiri dan otak kanan kita, bagaimana kita mengamati benda dan membuat sketsanya. Jadi bukan murni teori, tapi pengamatan,” ujar sketcher profesional Donald Saluling.

Donald yang merupakan Alumnus Seni Rupa dan Desain Grafis Portland State University ini menambahkan para peserta workshop merupakan anak muda yang memiliki minat dalam bidang sketsa, sehingga ketika diarahkan secara langsung untuk membuat sketsa mereka bisa menghasilkan gambar yang menarik dalam waktu singkat.

“Ingat, kita mengambar apa yang kita lihat, bukan apa yang kita ingat,” kata Donald.

Ketua Komunitas Indonesian’s Sketcher (IS) Makassar, Shanti Yani mengatakan, Sketch On Location ini mementingkan proses daripada hasil akhir.

“Kesalahan dan kekurangan yang terjadi dalam proses spontan membuat sketsa tidak dihapus dan tetap menjadi bagian dari rekaman dan catatan pribadi pembuatnya,” katanya.

Shanti mengatakan yang terpenting dari sketsa, adalah proses merekam cerita yg dilakukan secara langsung pada lingkungan sekitar, pengalaman membuat sketsa itu yang membuat kita mampu menghargai karya para sketchers.

“Dari pelatihan bisa menarik teman-temam bergabung dalam komunitas sketsa dan bisa mengangkat keindahan kota Makassar melalui goresan sketsa,” harapnya.

Bagi Unhas sendiri, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya memperkenalkan sisi lain kampus melalui seni sketsa.

“Kita ingin masyarakat mengenal Unhas sebagai kampus yang ramah terhadap seni dan komunitas,”pungkasnya.

Sumber: KABAR NEWS

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *