Yuk Kenali Tanda-Tanda Kanker Pada Anak

Hari Kanker Internasional atau lebih dikenal dengan Hari Kanker Sedunia jatuh pada 4 Februari. Setiap komunitas dan aktivis kanker selalu memperingati dengan berbagai kegiatan.

Hal tersebut bertujuan menggalang seluruh masyarakat dunia untuk bersama sama melawan kanker. Tentunya agar menyelamatkan jutaan jiwa dari kematian yang dapat dicegah, dengan cara mendorong pemerintah dah individu untuk mengambil langkah.

Menurut Komite Penanggulangan Kanker Nasional (KPKN), kanker membunuh lebih banyak daripada AIDS, Malaria dan TBC. Bahkan bila ketiganya digabungkan menjadi satu. Fakta lainnya menyebutkan 70 persen kanker ada di negara berkembang.

Pencegahan dapat dilakukan dengan mengurangi konsumsi tembakau dan alkohol, mengurangi paparan bahan pemicu kanker, mengikuti program vaksinasi dan biasakan hidup sehat.

Lebih lanjut, KPKN juga memberikan tanda-tanda kanker pada anak seperti pucat, memar atau pendarahan dan nyeri tulang umum. Benjolan atau pembengkakan terutama jika tanpa rasa sakit dan tanpa demam dan tanda infeksi di tempat lain.

Kemudian penurunan berat badan yang tidak jelas atau demam, batuk terus menerus atau sesak nafas? berkeringat di malam hari. Pupil mata berubah putih, juling, kehilangan penglihatan, memar atau bengkak disekitar mata.

Juga pembengkakan perut, sakit kepala terus menerus, muntah dan adanya pembengkakan pada anggota tubuh atau tulang tanpa adanya trauma atau tanda-tanda infeksi.

Sumber: Galamedia News (Siti Fatimah)

Photo by Jenn Evelyn-Ann on Unsplash

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *