Komunitas Simalu: Berupaya Ubah Paradigam Masyarakat Soal Sampah

Ngomongin soal sampah, pasti di telinga kamu udah basi banget. Tapi sampah emang jadi sebuah permasalahan di muka bumi ini yang ga ada habisnya. Namun tetep aja beberapa anak muda ada yang punya segudang ide kreatif untuk membantu pemerintah dalam menangani masalah sampah.

Daripada koar-koar mencaci maki, seperti yang sedang terjadi di Indonesia, mending sekarang lihat lingkungan sekitar kamu yang penuh dengan sampah. Ngomongin soal sampah, ada nih sebuah komunitas di Bali yang lagi ngembangin sebuah program startup digital dalam menangani sampah bernama Simalu.

Apaan tu Simalu? Simalu ini sebuah komunitas kreatif, kayak bank sampah gitu, tapi versinya anak muda banget. Kata simalu diambil dari kata Bahasa Bali yang diartikan sebagai terdepan. Huruf L dan U pada kata Simalu diartikan Leluu (sampah). Jadi diharapkan aplikasi Simalu menjadi aplikasi yang paling Simalu (terdepan) dalam menangani sampah yang ada di bali. Konsep aplikasi ini adalah sebagai penyedia layanan jasa, yang menghubungkan pemilik bank sampah yang ada di bali dengan masyarakat bali, agar lebih mudah dalam melakukan proses menabung sampah.

Komunitas ini berdiri tahun 2017 dan berawal dari keresahan sampah di Kota Denpasar. Akhirnya Aga Darma dan kawan-kawan berusaha mengembangkan Simalu dengan bentuk aplikasi. “Jadi lewat aplikasi, masyarakat bisa menabung sampah dengan mudah, nanti bank sampah terdekat dari lokasi nasabah akan mengambil sampahnya tanpa dipungut biaya. Karena disini, nasabah yang akan mendapatkan saldo dari hasil tabungan sampah dan saldo tersebut bisa ditarik menjadi uang bagi nasabah penabung sampah” kata Aga.

Tujuan dibikin aplikasi Simalu ini berdasarkan pengakuan Aga, yaitu untuk merubah paradigma sampah yang tadinya tidak bernilai, kini menjadi bernilai. Lumayan kan daripada kamu sembarangan buang sampah, mending ditabung aja dan lumayan buat jajan. Mungkin itu masih awam bagi masyarakat, tetapi Komunitas Simalu terus berusaha mengedukasi soal bahaya sampah dan berbagai peluang keuntungan dengan menabung sampah di Simalu.

Anggotanya disini bercampur aduk, ada yang masih mahasiswa hingga ada dosen juga lho yang gabung di komunitas ini. Seru kan ya bisa berkontribusi memperbaiki pola pikir masyarakat dengan menabung sampah bakalan bisa sedikit membantu dalam menjaga lingkungan. Pokoknya tenang, kalo kamu lagi ga sempat nyetor sampah, komunitas ini bisa kok jemput langsung ke rumah kamu. Jadi, ga ada alasan buat buang sampah sembarangan lagi. Buat kepo soal SImalu, bisa download aplikasinya di Play Store atau bisa follow IG-nya di @simalu.id.

Sumber; MASBROOO

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *