Komunitas Indonesian Babywearers: Grup Orang Tua Gendong Bayi

Menggendong bayi dengan selendang, iih kuno! Banyak yang sudah males dan ‘malu’ menggunakannya kan? Nah, Komunitas Indonesian Baby Wearers justru menghiduplannya. Karena menurutnya, menggendong bayi manfaatnya bagus tapi juga harus aman.

Kebanyakan ibu muda sudah beralih media gendong bayi dari kain dengan buatan pab rik. Apalagi berbagai gendongan di pasaran yang mengklaim praktis, nyaman buat bayi. Tapi ada bukti berbahaya bagi bayi.

Prihatin banyak orang tua muda beralih ke gendongan pabrik, Yohana Habsari pada 2014 membuat grup facebook yang membahas hal tersebut. Para orang tua bisa berdiskusi tentang review gendongan, cara menggendong, jenis gendongan dan tips trik menggendong bayi balita dengan nyaman dan benar.

“Ide awalnya untuk membuat gerakan solidaritas membantu orang lain, misalnya pasca bencana alam dan pemberdayaan perempuan. Serta menggalakkan no KW (terutama gendongan). Sebab banyak gendongan KW/palsu/counterfeit yg beredar dengan harga murah di Indonesia, yang selain berbahaya jika dipakai juga tidak mengajarkan orang untuk menghargai orisinalitas,” jelas Admin Indonesian Babywearers dan Babywearing Consultant dari School of Babywearing, Inggrid saat dihubungi kidparenting.

Dari grup Facebook, Indonesian Babywearers (IBW) terbentuk pada 2014. Merupakan komunitas non profit beranggotakan orang tua yang ingin tahu ilmu tentang gendongan. Saat ini kata Inggrid sudah ada 26 komunitas lokal berafiliasi dengan Indonesian Babywearers.

Membawa visi misi yang sama, mereka rutin mengadakan pertemuan sekali sebulan. Pertemuan biasanya untuk sosialisasi keamanan dan kenyamanan selama menggendong, mengkampanyekan no KW, serta saling support dan sharing. Anggota di grup Facebook juga sudah lebih dari 40 ribu member dari seluruh Indonesia. Beberapa juga dari luar negeri.

Misi IBW mengkampanyekan gendongan. Banyak jenis gendongan populer mulai dari yang tradisional maupun modern. Namun, di samping juga gendongan palsu (memalsukan merk), yang tidak aman digubakan. Di IBW inilah, anggotanya bisa mengetahui cara memilih kain yang safe and proper babywearing.

“Apapun jenis Gendongan yang digunakan, kami akan bantu untuk memaksimalkan dan menjelaskan cara menggendong yang optimal. Sebab manfaat menggendong ini bagus sekali, karenanya harus dioptimalkan. Sebab masanya anak digendong sangatlah singkat, jangan sia-siakan” jelas Inggrid.

Sumber: KID PARENTING

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke kontak@komunita.id. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *