Hari Peduli Sampah Nasional, Earth Hour Kota Batu Lakukan Aksi Bersih Aliran Sungai

Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada tanggal 21 Februari 2018 mendatang, hari Minggu kemarin (19/2) Earth Hour Kota Batu berkolaboraksi dengan komunitas Sabers Pungli untuk membersihkan aliran sungai yang ada di Desa Bulukerto. Sabers Pungli atau Sapu Bersih Nyemplung Kali, merupakan gerakan yang diinisiasi sekelompok aktivis lingkungan dengan tujuan mengajak masyarakat untuk merawat aliran sungai yang ada di sekitar lingkungan mereka. Hingga saat ini, gerakan ini telah mendapat dukungan dari 24 kepala desa di Kota Batu, beberapa jajaran pemerintah terkait dan kepolisian setempat, serta komunitas lingkungan yang ada di Kota Batu, termasuk Earth Hour.

Kegiatan diawali dengan kerja bakti warga di Dusun Keliran untuk membersihkan aliran air di area persawahan. Dilanjutkan dengan kegiatan Sabers Pungli di Anak Sungai Sambong, Dusun Gintung. Peserta kegiatan bukan hanya dari tim Sabers Pungli, ibu-ibu PKK Desa Bulukerto juga turut berpartisipasi dalam kegiatan ini dan tidak segan untuk turun ke sungai.

Ibu Walikota Batu Dewanti Rumpoko dan Kepala DLH Kota Batu Bapak Arif juga hadir dalam acara ini. Selain untuk memotivasi dan mengapresiasi masyarakat pada kegiatan ini, juga untuk membicarakan kebutuhan desa khususnya yang berkaitan dengan pengelolaan sampah. Sampah-sampah yang berhasil dinaikkan dari sungai ini kemudian diangkut ke TPS untuk dipilah. Sampah yang masih dapat didaur ulang dikumpulkan untuk dibawa ke Bank Sampah terdekat. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan menimbulkan kesadaran bahwa kebersihan dan kelestarian sungai merupakan tanggung jawab kita bersama.

Sumber: KUMPARAN

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *