SEBANGSA BERKOLABORASI DENGAN AKSARAKU DALAM WORKSHOP MENULIS DI ERA DIGITAL

Yogyakarta, 10 Januari 2018 – Sebangsa mengadakan acara Jumpa Hangat, Workshop Creative Writing “Menjadi Penulis di Era Digital” bersama dengan Komunitas Aksaraku di Kantor Sebangsa, Jl Candi Sambisari No. 90.

Jumpa Hangat merupakan sebuah acara yang diinisiasi oleh Sebangsa untuk mengajak Komunitas yang ada di seluruh Indonesia sebagai pemateri. Selama ini, Jumpa Hangat hanya diadakan di kantor Sebangsa, Jakarta. Namun melihat jumlah komunitas yang ada di Yogyakarta, maka Sebangsa mencoba memulai agenda ini di kota pelajar tersebut.

Kali ini Sebangsa mengajak Aksraku sebagai pengisi acara. Komunitas ini merupakan kumpulan Mahasiswa Kulon Progo yang peduli terhadap tingkat literasi di daerah tersebut. Saat ini mereka mempunya website sebagai wadah bagi anggota komunitas untuk melatih kemampuan menulis mereka.

Jumpa Hangat dimulai pada pukul 14.20 dengan pembukaan dari General Manager Sebangsa, Andri Wardhana. Lalu dilanjutkan dengan pemaparan Kontribusi Sebangsa terhadap Komunitas di Indonesia oleh Aji Prasidha, selaku Community Development Officer.

Setelah itu, Faatihan Dhuha Najib selaku pembicara dari Aksaraku memaparkan materi tentang kepenulisan. Dalam presentasinya, Mahasiswa Komunikasi Universitas Diponegoro, Semarang ini memaparkan bahwa kita perlu mengetahui topik dan minat yang kita inginkan untuk menulis.

Dari situ, kita bisa memilih judul lalu mengembangkan tulisan tersebut sampa akhirnya menjadi sebuah karya yang layak disebarkan.

Dhuha juga memberikan kesempatan kepada para peserta untuk praktik menulis dan kemudian dibahas satu persatu.

Acara ini ditutup dengan pemberikan sertifikat oleh Aji kepada Faatihah dari Aksaraku dan dilanjutkan dengan foto bersama.

Harapannya, acara ini dapat membawa manfaat bagi peserta dan memancing mereka untuk menjadi penulis yang berpengaruh di era digital. Selanjutnya, Sebangsa juga akan terus berkolaborasi dengan banyak komunitas untuk mengadakan Jumpa Hangat lainnya dengan tema yang menarik. Acara seru lainnya juga dapat dilihat di senggolan melalui aplikasi Sebangsa dan website Sebangsa.com.

Penulis: Aji Prasidha

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *