Komunitas Pecinta Kopi Noesantara: Edukasi Seluk Beluk Dunia Perkopian

Jika Anda termasuk orang yang suka mengonsumsi kopi, maka tidak ada salahnya berkenalan dengan Komunitas Pecinta Kopi Noesantara. Di sana, Anda akan mendapat edukasi lebih banyak tentang seluk beluk dunia perkopian. Komunitas ini terbuka untuk semua kalangan, tidak hanya terbatas untuk para pecita kopi saja.

Komunitas ini dikenal dengan nama Kopikoe dan sudah berdiri sejak tahun 2010. Ini berawal dari pria, yang lebih dikenal dengan sebutan Bang Langit Khewer, merasa dirinya tidak memiliki kemampuan apa-apa untuk gabung dalam komunitas. Hal ini diungkap oleh Vickih Fathun selaku wakil ketua Kopikoe.

“Ini tuh awalnya karena ketua kita merasa gak punya kemampuan, pernah mau masuk komunitas motor tapi dia gak bisa naik motor. Sampe dia merasa kecintaannya terhadap kopi ini bisa dimanfaatkan untuk membuat suatu komunitas kopi.” kata Vickih.

Maka tercetuslah ide membuat Kopikoe yang saat itu masih beranggotakan 15 orang. Berbeda dengan komunitas pecinta kopi lainya, Kopikoe tidak hanya mewadahi pecinta kopi untuk sekedar ngobrol dan berbagi informasi saja. Lebih dari itu, Kopikoe memiliki 3 tujuan mulia seperti:

1. Edukasi tentang kopi. Di sini, Kopikoe ingin memberi edukasi kepada masyarakat bahwa kopi juga memiliki banyak manfaat. Kopikoe berharap masyarakat tidak takut lagi untuk mengonsumsi kopi di tengah-tengah penyebaran informasi bahaya kopi.

2. Edukasi ke barista dan pemilik bisnis kopi. Menurut Vickih, tidak sedikit barista yang meski sudah memiliki sertifikat tapi nyatanya belum memiliki pengetahuan yang banyak tentang kopi. Kopikoe juga memberi masukan atau saran kepada mereka yang ingin berbisnis kopi.

3. Menyejahterakan petani khususnya ketika momen tanam dan panen kopi.

Kini, Kopikoe yang sudah berjalan selama hampir 7 tahun sudah memiliki 35 anggota terlantik dan ratusan anggota yang hanya sekedar join grup. Kegiatan komunitas ini pun semakin meluas seperti diundang untuk menjadi nara sumber di beberapa televisi swasta dan radio. Bahkan mereka pernah menjadi narsum untuk kasus Jessica – Mirna.

Kegiatan rutin lainnya seperti kopdar bersama anggota, kopdar isidential untuk acara-acara dadakan dan penting, bahkan kopdar trip sudah menjadi jadwal tetap mereka. Untuk acara tahunan sendiri, biasanya mereka menggelar acara Kupas Kopi yaitu pengenalan kopi ke sekolah, kampus, dan lain-lain.

Bagi Anda yang tertarik untuk menjadi anggota, atau ingin melihat kegiatan mereka, Anda bisa langsung lihat lewat akun instagram @kopikoe_komunitas.

Sumber: SHE.ID

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *