Sebangsa Berdayakan Komunitas Melalui Pelatihan Manajemen Organisasi

Yogyakarta, 15 Februari 2018 – Sebangsa mengadakan kelas Community Development bersama dengan seorang praktisi HR di Kantor Sebangsa, Jl Candi Sambisari No. 90.

Melihat banyaknya komunitas sosial di Yogyakarta, Sebangsa mengadakan sebuah pemberdayaan melalui kelas yang diisi oleh pembicara dari bidang yang relevan. Ini pertama kalinya Sebangsa mengadakan acara ini di Yogyakarta setelah satu tahun fokus mengadakan di Jakarta.

Pada kelas pertama untuk komunitas di Yogyakarta, Sebangsa mengajak Andri Wardhana selaku GM Operations dari Sebangsa untuk mengisi materi tentang manajemen organisasi.

Sebagai kumpulan orang-orang dengan tujuan bersama, komunitas juga bisa dikatakan sebagai sebuah organisasi yang perlu dikelola. Selain menyamakan visi, misi dan nilai, tantangan komunitas sebagai sebuah organisasi juga meliputi soal kepemimpinan, struktur organisasi, dan keanggotaan.

Maka dari itu manajemen yang baik sungguh diperlukan untuk menjadi komunitas-sebagai sebuah organisasi, agar masalah-masalah internal komunitas dapat diatasi dengan baik sehingga komunitas tersebut dapat terus maju berkembang.

Pada presentasinya, Andri menjelaskan tentang tahapan pembentukan sebuah organisasi yaitu, forming, storming, norming dan performing. Namun yang paling krusial adalah tahap storming. “Dalam tahap ini(storming) organisasi bisa maju ataupun bubar apabila tidak dapat diatur dengan baik dan banyak percecokan”.

Selanjutnya, masih dalam materi yang sama, dijelaskan pula tentang pola komunikasi yang biasa dipakai dalam organisasi. “Setiap organisasi memiliki gaya komunikasi yang berbeda, tergantung budaya dan anggotanya” papar Andri. Setelah itu pemaparan, peserta diberi ruang untuk tanya jawab.

Dengan adanya agenda ini, Sebangsa ingin menjalankan misinya untuk memberdayakan komunitas secara online dan offline sehingga komunitas sosial di Indonesia bisa tetap eksis di masyarakat.

Acara ditutup oleh Aji Prasidha selaku Community Development Officer dengan memberikan sertifikat kepada pembicara Andri Wardhana dan dilanjutkan dengan foto bersama.

Harapannya, acara ini dapat membawa manfaat bagi peserta dan komunitas untuk kedepannya. Selanjutnya, Sebangsa juga akan terus berkolaborasi dengan banyak ahli sebagai pemateri untuk mengadakan Community Development dengan tema yang menarik. Acara seru lainnya juga dapat dilihat di senggolan melalui aplikasi Sebangsa dan website Sebangsa.com.

Penulis: Aji Prasidha

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *