Rintara Jaya Sulawesi Tenggara Bagikan Pesan Peduli Sampah di Peringatan HPSN Kota Baubau

Minggu pagi, 25 Februari 2018 di Pelataran Kotamara, Kota Baubau sejumlah masyarakat turut serta dalam kegiatan Gerakan Peduli Sampah yang dikomando oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Baubau. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN). Rangkaian kegiatan yang dilakukan adalah jalan santai, kerja bakti sepanjang area car free day dari pantai Kamali hingga pantai Kotamara serta dilanjutkan dengan launching program “Infaq dan Sedekah Sampah”.Peserta yang turut serta dalam aksi ini diantaranya masyarakat umum, LSM, SKPD, pelaku usaha, siswa dari Sekolah-sekolah dan komunitas yang ada di Kota Baubau. Salah satu  rombongan peserta berasal dari mahasiswa Universitas Dayanu Ikhsanuddin yang tergabung dalam komunitas  Rintara Jaya Sulawesi Tenggara.

Sembari mengikuti jalan santai, anggota Rintara Jaya Sulawesi Tenggara juga memberikan edukasi mengenai pemilahan sampah yang benar. Pun dalam aksinya, mereka membagikan stiker berisikan pesan moral peduli sampah. Guna memulai gerakan Sedekah Sampah yang selanjutnya oleh pemerintah Kota Baubau diresmikan menjadi Bank Sampah, para peserta termasuk Rintara Jaya Sulawesi Tenggara, menyerahkan sampah yang mereka kumpulkan dari tempat tinggal masing-masing ke Bank Sampah. Bank Sampah ini diharapkan dapat menjadi solusi pengelolaan sampah yang dapat bernilai ekonomi di masyarakat.

Popy, salah satu anggota Rintara Jaya Sulawesi Tenggara berharap  kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat agar memiliki tanggung jawab terhadap sampah serta bisa menerapkan memilah sampah yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari.

Penulis: Vita Ayu Kusuma Dewi

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *