Komunitas Turun Tangan Medan Gelar Kegiatan ‘Fit and Take Your Trash’

Selalu ada cara untuk melakukan perubahan, seperti yang dilakukan oleh Komunitas Turun Tangan Medan. Mereka memberikan edukasi kepada masyarakat betapa pentingnya menjaga lingkungan.

Komunitas Turun Tangan Medan kembali melakukan aksi peduli lingkungan melalui kegiatan Fit and Take Your Trash. Kegiatan ini berlangsung pada Minggu (11/2/2018) di Lapangan Merdeka Medan.

Leader Project Herman Pane mengatakan bahwa, kegiatan ini dilaksanakan untuk menyambut Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada 21 Februari.

“Fit and Take Your Trash itu salah satu short project komunitas Turun Tangan untuk nyambut Hari Peduli Sampah Nasional,” ujarnya

Tujuan dilaksanakan nya kegiatan ini semata hanya untuk menjaga kebersihan lingkungan. Herman menambahkan, kepedulian masyarakat akan lingkungan masih minim. Ia berharap melalui kegiatan ini orang-orang lebih sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Tujuannya yah untuk menjaga lingkungan biar bersih, sekalian mengedukasi masyarakat pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Sampah yang menumpuk dan terkena curahan hujan akan menimbulkan gas dalam tanah dan itu bisa meledak. Pernah kejadian di Cimahi tahun 2005. Itu jadi salah satu alasan diperingatinya Hari Peduli Sampah Nasional,” kata Herman.

Sebelumnya, Komunitas Turun Tangan Medan pernah menyelenggarakan kegiatan Cabut Paku di Pohon. Komunitas ini juga sering berkolaborasi dengan komunitas lain untuk membersihkan lingkungan.

“Tahun lalu kita juga pernah buat kegiatan Cabut Paku di Pohon. Sepele memang paku di pohon tapi kan merusak keindahan. Selain itu kita pernah kolaborasi sama komunitas lain untuk bersihkan sungai deli,” katanya.

Kegiatan ini diawali dengan senam bersama dan dilanjutkan dengan kegiatan mengutip sampah. Herman mengatakan, mereka memfokuskan kegiatan ini di ruang terbuka dan lapangan merdeka menjadi pilihan yang tepat.

“Lapangan Merdeka ini kan tempat umum, dan kita fokusnya di ruang terbuka. Selain itu, pengunjung di sini masih banyak yang kurang peduli lingkungan. Karena itu kita mau kasih edukasi,” seru Herman.

Kegiatan ini dimulai pada 11 Februari 2018 dan puncaknya akan berlangsung pada 25 Februari 2018. Herman mengatakan, Komunitas Turun Tangan akan berkolaborasi dengan sejumlah komunitas untuk meramaikan kegiatan ini.

Sumber: TRIBUN NEWS MEDAN

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *