BROTHERFOOD: Wujudkan Indonesia Menjadi ‘Zero Waste’ dan ‘Zero Hunger’

Berawal kebiasaan membungkus makanan di tempat kerja, Jordan Syein mendirikan sebuah komunitas yang memiliki tujuan untuk berbagi makanan berlebih kepada sesama atau yang membutuhkan.

“Jadi Brotherfood itu sebuah komunitas untuk membuat kebiasaan baru di kalangan masyarakat, dengan cara membagikan makanan yang berlebih kepada masyarakat yang membutuhkan,” kata Pendiri Komunitas Brotherfood Jordan Syein, saat dihubungi di Bandung, Kamis (1/3/2018).

Menurut dia, Brotherfood terbentuk sejak 16 Januari 2018 yang dimulai dari kebiasaannya sering membungkus makanan berlebihnya di tempat kerjanya, dan hingga saat ini jumlah anggotanya mencapai sembilan orang.

Pada mulanya, Syein mengaku risih ketika melihat makanan yang terbuang sia-sia di tempat kerjanya di Jakarta. “Ketika saya melihat makanan yang terbuang sia-sia di kantor, itu di luar sana masih banyak saudara kita yang susah untuk makan,” kata dia lagi.

Dia mengatakan saat ini Brotherfood sedang melakukan kampanye-kampanye untuk mengajak masyarakat melakukan kampanye berbagai makanan kepada sesama.

Komunitas ini bersifat terbuka, sehingga tidak ada syarat-syarat khusus untuk bergabung, asalkan makanan yang hendak dibagi masih bagus atau layak dikonsumsi. “Orang lain bisa ngelakuin ini kapan saja dan di mana saja, jadi sebagai langkah awal kita sekarang lagi kampanye untuk ngajak dulu,” kata Syein.

Brotherood, menurut dia, mempublikasikan cara-cara mengemas makanan untuk dibagikan dengan layak melalui akun instagramnya @brotherfood_org.

Biasanya, mereka membagikan makanannya untuk masyarakat yang lebih membutuhkan di sekitaran jalan dekat kantornya. “Target kita emang orang-orang yang lebih membutuhkan saja, daripada makanannya kebuang kan mending dibagiin tapi secara layak,” ujar Jordan Syein.

Ke depannya, jika sudah terbentuk tim baru dari setiap wilayah, mereka akan menerima donasi dalam bentuk makanan, alat pendukung seperti kertas nasi dan lain-lainnya, serta materi.

Jordan Syein berharap agar komunitas ini bisa berhasil membuat kebiasaan baru di kalangan masyarakat, khususnya pekerja kantoran dan juga mahasiswa. “Di saat bersamaan kita juga ingin merealisasikan visi zero waste dan zero hunger melalui Brotherfood ini,” kata dia pula.

Sumber: OKEZONE

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *