Komunitas Depok Berkebun Gelar Acara Tanam Serentak Di Kawasan Grand Depok City

Sejumlah Warga Kota Depok yang tergabung dalam Komunitas Depok Berkebun menggelar acara Tanam Serentak di kawasan Grand Depok City pada Minggu (25/2) mulai jam 8.30 hingga selesai sore hari.

Hadir pada acara ini Ibu Walikota Hj.Elly Farida atau biasa dipanggil Bunda Elly, Bapak dan Ibu Camat kec. Cilodong, Pak RT 01/06 Cluster Azalea Grand Depok City beserta istri dan pengurus, Penggiat Depok Berkebun, PKK kelurahan Jatimulya, PKK Pokja 3 dan 4

Komunitas Bank Sampah Kec.Cilodong, Siswa SMAN 3 Depok, Warga GMM, Warga sektot cysant GDC, Warga Azalea, Warga diluar Azalea (undangan yang disebar melalui media sosial).

Inisiator acara ini adalah Penggiat Komunitas Depok Berkebun bekerjasama dengan ketua RT 01/06 dan warga azalea khususnya RT 01/06.

Acara yg digelar di Cluster Azalea Grand Depok City fasum RT.01/06 (google map Azalea berkebun) merupakan Tanam serentak bagian dari program Indonesia Berkebun di tahun 2018.

Pelaksanaanya di adakan serentak pada tanggal 25 feb 2018 dan akan berakhir di 31 Mei 2018 di seluruh Indonesia yang di ikuti oleh jejaring Indonesia berkebun termasuk Depok berkebun. Ajang ini bertujuan meningkatkan semangat berkebun dan menghijaukan bumi Indonesia khususnya di daerah perkotaan. Ajang ini juga akan dinilai hasil panen dari berkebun. Yang dilihat dari bobot (kualitas dan berat hasil panen) bebas pestisida kimia, pupuk kimia yang tidak berlebihan selain itu juga adalah kekompakan dan keseruan di lapangan serta di media sosial.

Acara tadi pagi dimulai dengan pembukaan, sambutan, tanam sawi dakota, timun suri oleh seluruh penggiat serta tamu undangan dan warga. Di awali oleh penanaman dari Bunda Elly, Bu Camat, Pak Rt di ikuti oleh penggiat dan warga. Selanjutnya kami juga membuka lapak berjualan untuk merealisasikan konsep dari Depok Berkebun dan Indonesia berkebun yakni 3 E , Ekologi, Edukasi dan Ekonomi. Ekologi dan Edukasi sudah dilaksanakan selanjutnya Ekonomi dengan membuka stand jualan makanan dan minuman warga azalea, has kreasi penggiat Depok berkebun yakni komposter, pot vertical, pipa lubang biopori, pot gerabah wick system, aneka bibit, dan perlengkapan hidroponik. Acara selesai pada jam 12.00 wib

“Harapan kami agar kegiatan komunitas Depok berkebun dan kerjasama dengan warga azalea bisa menular ke warga lainnya untuk semangat berkebun walaupun di lahan sempit. Memanfaatkan fasum yang tidak berfungsi secara maksimal untuk berkebun dan hasilnya bisa dinikmati warga serta memberi nilai edukasi bagi anak-anak dan bisa mewujudkan ketahanan gizi keluarga. Harapan besarnya Depok berkebun bisa menjadi juara di ajang tanam serentak yang di adakan oleh Indonesia berkebun dengan jejaringnya. Depok berkebun bisa memberikan kebanggaan bagi kota Depok khususnya di bidang urbanfarming,” ujar Rosmala dari Penggiat Depok Berkebun.

Selain itu, kegiatan ini juga untuk mewujudkan Depok sebagai kota sahabat petani. Tidak hanya petani konvensional tetapi juga petani urban. Bersama2 berkolaboraksi untuk mewujudkan ketahanan pangan dan gizi keluarga.

Sumber: Depok Interaktif

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke kontak@komunita.id. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

1 Comment

  1. Informasi yang bagus dan bermanfaat. Sukses selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *