Komunitas Henna Artist Medan Galang Dana Kepedulian Untuk Anak-Anak Asmat

Ratusan anak di Kabupaten Asmat, pedalaman Papua mengalami malnutrisi akibat keterbatasan asupan pangan bergizi. Bahkan, puluhan anak meninggal akibat campak dan gizi buruk yang diderita.

Berlatar belakang dari kondisi tersebut, Komunitas Henna Artist Medan (HAM) menggelar Henna On The Street (HOS) untuk penggalangan dana.  Berlokasi di depan pelataran Kantor Pos Medan, terlihat sejumlah penggiat seni melukis tangan atau yang lebih dikenal dengan henna melakukan aksi sosial yang diisi kegiatan car free day, Minggu (25/2/2018).

Leader of HAM, Jayanti Mandasari mengatakan, masyarakat yang ikut serta dalam car free day pagi ini bisa memakai henna for fun hanya Rp20.000 saja per tangan (memakai inai simple). Atau, bisa memberikan sumbangan terbaik untuk disumbangkan pada anak-anak di Kabupaten Asmat, Papua.

“Sebelumnya kami sudah pernah menggalang dana untuk korban Palestina dan Rohingya. Kali ini, kami menggalang dana untuk saudara kita penderita busung lapar dan campak di Papua. Seluruh dana/sumbangan yang terkumpul ini akan kami serahkan kepada lembaga resmi Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumut untuk selanjutnya disalurkan kepada saudara kita di Papua,” katanya di sela-sela aksi, Minggu (25/2/2018).

Menurut Jayanti, kehadiran kelompoknya selain bermanfaat untuk kemajuan sesama anggota juga berupaya agar bermanfaat bagi masyarakat luas. Salah satu caranya adalah mengadakan acara penggalangan dana untuk orang atau saudara-saudara yang tertimpa bencana atau musibah.

“Tidak hanya melalui inai, sumbangan juga dilakukan oleh sebahagian anggota kita beserta relawan ACT turun ke jalan dengan membawa kotak amal yang sudah disiapkan. Anggota relawan ACT meminta sumbangan kepada pejalan kaki dan warga yang melintas di seputaran Lapangan Merdeka Medan. Berhubung cuaca kurang baik dan juga hujan, dana yang dikumpulkan tidak begitu banyak yakni Rp728.700,” sebutnya.

Ia menambahkan, Komunitas HAM membuka kesempatan kepada calon anggota baru untuk bergabung.

“Saat ini ada 27 orang anggota Komunitas HAM. Kalau mau gabung bisa membuka instagram @hennaartistmedan atau lewat instagram ketua Jayanti Mandasari (@jayantimahendi),” imbuhnya.

Sumber: POJOKSATU

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *