Begini Cara Gendong Bayi Dengan Aman dan Nyaman

Menggendong bayi, balita, anak tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Walau terdengar mudah, namun nyatanya banyak hal yang harus diperhatikan, lho. Salah satu komunitas yang giat memberikan edukasi dan menyebarkan kampanye tentang hal-hal yang berkaitan dengan gendongan dan menggendong, yaitu Indonesian Babywearing Club, yang aktif dalam grup Facebook.

Mommy Ar, salah satu anggota grup Indonesian Babywearing Club, merangkum Tips & Tricks menggendong bayi/anak dengan aman dan nyaman sebagai berikut:

  • Bayi dapat kita lihat sepanjang waktu menggendong; maksudnya adalah gendongan dan cara menggendong kita tidak menghalangi pandangan kita ke bayi maupun pandangan bayi ke kita. Hal ini juga berpengaruh pada sirkulasi udara yang akan didapatkan si bayi
  • Gendongan kita cukup untuk membuat kita mencium bayi dengan mudah; lucu ya indikator dasar ini, tapi bener loh. Gendongan yang baik salah satunya memudahkan kita untuk mencium kepala atau kening si bayi.
  • Pastikan selalu ada ruang tersisa; minimal dengan jarak 1 jari antara dagu bayi dan dada. Hal ini memungkinkan bayi bernapas dengan leluasa.
  • Cukup kencang dan tetap Ergonomis bagi tulang belakang bayi; gendongan yang benar memungkinkan bayi/balita untuk memeluk atau merangkul si bayi. Tetapi bagian belakang bayi harus tersongkong dengan baik hingga tulang belakangnya dalam posisi ergonomis (tidak terlalu membungkuk atau tidak terlalu dibuat tegak).

Selamat mencoba ya! 🙂

Sumber: Theakhmadexplorer

Foto dari ORAMI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *