Peringati Hari Perempuan Internasional, Sebangsa dan #SaveJanda Gelar Terapi Seni

Pada 8 Maret setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Perempuan Internasional, untuk memperjuangan hak-hak kaum Perempuan yang masih belum terpenuhi. Untuk turut memperingati hari tersebut, Sebangsa dan Gerakan Sosial #SaveJanda menyelenggarakan acara¬† bertajuk “Terapi Seni untuk Pemulihan Psikologis” dengan menghadirkan psikolog dan penyintas untuk berbagi dalam acara yang digelar di Sebangsa HQ Jakarta.

Peserta sudah mulai terlihat memadati ruangan sejak pukul 14.00. Acara dibuka oleh MC yang juga seorang Komika jebolan Stand Up Kompas Batch 1, Asep Suaji. Walau hujan begitu deras saat itu, namun suasana begitu hangat diisi dengan celotehan dari Asep yang menggiring tawa peserta.

Acara sore itu begitu informatif dengan berbagai sesi “Sharing Session”, mulai dari pemaparan mengenai data kekerasan terhadap perempuan hingga manfaat terapi seni untuk pemulihan psikologis oleh Psikolog Mario Carl Joseph. Dilanjutkan dengan Talkshow seputar terapi seni untuk orang yang pernah mengalami kekerasan bersama 3 psikolog, Mario Carl Joseph, M.Psi., Olga Patricia Ritung, M.Psi. dan Regina Octavianti, M.Psi. yang dimoderatori oleh Mutiara Proehoeman, selaku founder dari Gerakan #SaveJanda.

Untuk memperkaya wawasan peserta, Gerakan #SaveJanda menghadirkan kejutan dalam sesi Talkshow tersebut, dengan mengundang Crissy Siahaan, seorang penyintas yang pernah mengalami kekerasan dan rumah tangga selama 12 tahun. Crissy berbagi pengalaman tentang bagaimana Ia bisa bangkit menghadapi dan keluar dari masa-masa terburuknya.

Selesai sesi berbagi, acara dilanjutkan dengan penampilan musik dari Mutiara Proehoeman dan Mario Carl Joseph untuk membangkitkan kembali semangat peserta. Dan pada sesi terakhir, seluruh peserta melakukan aktivitas seni dengan menuangkan perasaan buruk yang pernah dialami dan hal-hal positif yang akan dilakukan di masa yang akan datang.

Nah, buat kalian yang mau ikut acara seru lainnya dari Sebangsa, jangan lupa untuk pantengin informasinya di media sosial Sebangsa dan Komunita.ID ya!

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *